Ikan Asin

Nikmatnya Menu ala Rumahan di Restoran Dapoer Mamah Ita, Tersedia 27 Jenis Ikan Asin

Bagi yang doyan masakan ala kampung dengan berbagai jenis ikan asin, Restoran Dapoer Mamah Ita Pekanbaru tentu bisa menjadi pilihan

Nikmatnya Menu ala Rumahan di Restoran Dapoer Mamah Ita, Tersedia 27 Jenis Ikan Asin
Istimewa
Ikan Asin Bulu Ayam Sambal Hijau tersaji di Restoran Dapoer Mamah Ita 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Masakan modern kini sudah cukup menjamur di Kota Pekanbaru. Tetapi, masakan tradisional atau kampung tidak akan terlupakan. Seperti Ikan Asin dengan kekhasan rasa dan nuansa tradisional yang begitu kental.

Bagi yang doyan masakan ala rumahan dengan berbagai jenis ikan asin, Restoran Dapoer Mamah Ita yang terletak di Jalan Delima, Kecamatan Tampan tentu bisa menjadi pilihan. Menu-menu ikan asinnya disajikan secara tradisional dengan piring lidi kelapa sawit.

Ita, pemilik restoran ini menyebutkan, tersedia 27 jenis ikan asin yang menjadi menu istimewa. Mulai dari ikan asin Lomek, Teri, Bulu Ayam, Bada, Jambal, Tenggiri, Pari, Selais dan lainnya. 

Ikan asin didatangkan dari berbagai daerah. Seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Palembang. Bahkan seperti ikan asin Tenggiri didatangkan dari Kalimantan. 

"Saya mengutamakan kualitas. Ikan asin yang grade A, benar-benar renyah," ungkap Ita belum lama ini.

Ikan Teri Sambal Merah tersedia di Restoran Dapoer Mamah Ita
Ikan Teri Sambal Merah tersedia di Restoran Dapoer Mamah Ita (Istimewa)

Dikatakannya, memilih ikan asin yang berkualitas harus hati-hati. Ada ikan asin yang jangankan dikunyah, menggigitnya saja tidak bisa karena terlalu kenyal dan mengeras setelah digoreng. Ikan asin yang berkualitas memang lebih mahal.

Konsumen dapat memilih jenis ikan asin sesuai seler. Ditempat itu juga tersedia menu ikan asin campuran yang dibedakan dengan tiga ukuran porsi. Porsi kecil (small) terdiri dari 4-5 jenis ikan asin dan cukup untuk 2-3 orang. Harganya hanya Rp20.000.

Lalu ada porsi menengah (medium) terdiri dari 6-7 jenis dan cukup untuk 4-5 orang. Harganya Rp30.000. Terakhir porsi besar (large) terdiri dari 8-10 macam dan cukup untuk 6-7 orang. Harganya Rp50.000.

"Porsi dibedakan takaran yang ditimbang digital," ujar wanita 55 tahun tersebut. Ia mengatakan, sebelum digoreng, Ikan Asin dibersihkan terlebih dahulu. Bagian-bagian yang membuat pahit pada ikan dibuang. Kemudian dicuci sampai sebanyak lima kali pencucian.

"Jadi mengutamakan kebersihan juga," ujar Ita. Ia menambahkan, ikan asin digoreng kering, namun tidak sampai keras dan tetap renyah saat dikunyah. Menurut dia, sensasinya ada pada kerenyahan ditambah rasa yang pas dilidah.

Suasana Restoran Dapoer Mamah Ita belum lama ini
Suasana Restoran Dapoer Mamah Ita belum lama ini (Istimewa)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved