Abrasi di Riau

Ancaman Abrasi, Tiga Pulau Terluar di Riau Butuh Perhatian

Terdapat 167 kilometer di sepanjang tiga pulau di Riau yang telah tergerus ke laut dikarenakan abrasi

Ancaman Abrasi, Tiga Pulau Terluar di Riau Butuh Perhatian
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Alat berat tengah mengangkat batu-batu untuk dijadikan turap dipinggir Pantai Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Provinsi Riau memiiki tiga pulau yang berada di barisan terluar. Tiga pulau ini belum tergarap maksimal. Diantaranya Pulau Rangsang, Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengungkapkan, sebetulnya pulau terluar di Riau ada empat, yaitu satunya lagi Pulau Mandi. Namun di pulau ini karena memang tidak ada penghuni dan pulaunya adalah pulau batu. 

Sedangkan tiga pulau lainnya terdiri dari tanah gambut seperti Pulau Rangsang, Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat. Dikatakan Gubri ketiga pulau itu keadaannya sangat memprihatinkan. 

Menurut pengamatannya, ada 167 kilometer sepanjang tiga pulau ini telah tergerus ke laut dikarenakan mengalami abrasi. Sebab sebagian besar tanahnya gambut.

"Jadi sangat rawan ketiga pulau ini akan hilang karena memang tidak ada perhatian untuk pengamanan pulau," katanya baru-baru ini. 

Gubri Syamsuar berharap pemerintah pusat bisa memberikan perhatian terhadap masalah pulau terluar yang ada di Riau. Ia berharap, dengan mendapat perhatian bisa mengatasi abrasi yang sangat tinggi setiap tahunnya.

"Jika tidak ada perhatian maka akan semakin banyak tanah-tanah masyarakat yang hilang jatuh ke laut diakibatkan abrasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan Eet menagih keseriusan pemerintah pusat dan daerah untuk dapat mengatasi persoalan abrasi di wilayah pesisir.

Salah satunya yang menjadi sorotan yakni abrasi yang mengancam Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, yang semakin mengkhawatirkan.

Diketahui, selama 26 tahun lalu perubahan garis pantai sudah mencapai 1.504,93 hektare. Atau jika dirata-ratakan mencapai 42,57 hektare per tahun.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved