Danau Meduyan Inhu

Sering Terlihat Buaya, Namun Wisatawan di Danau Meduyan Inhu Tetap Banyak

perlu diketahui bahwa sejumlah objek wisata di Kabupaten Inhu merupakan wisata alam yang erat kaitannya dengan habitat satwa liar dan dilindungi

Sering Terlihat Buaya, Namun Wisatawan di Danau Meduyan Inhu Tetap Banyak
Istimewa
Pemandangan Danau Meduyan, Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Inhu dari bawah jembatan. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Pada tahun 2020, agenda wisata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah disusun.

Sebagian besar event wisata tersebut digelar oleh pihak Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu maupun masyarakat atau swasta.

Namun perlu diketahui bahwa sejumlah objek wisata di Kabupaten Inhu merupakan wisata alam yang erat kaitannya dengan habitat satwa liar dan dilindungi. 

Salah satu objek wisata di Kabupaten Inhu yang kerap menjadi perhatian kemunculan satwa liarnya adalah Danau Meduyan yang berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Inhu.

Objek wisata ini merupakan objek wisata legendaris. Pasalnya di Danau Meduyan pernah berdiri pusat Kerajaan Indragiri. 

Saat ini Danau Meduyan menjadi salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Inhu. Namun di Danau Meduyan sendiri sering terlihat kemunculan buaya.

"Buaya itu masuk dari Sungai Indragiri ke Danau Meduyan saat sedang banjir," kata Kepala Bidang Pariwisata di Disporapar Inhu, Lishaizar.

Selain buaya liar, ada juga mitos dari masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa buaya tersebut merupakan penunggu danau tersebut. 

Tahun 2019 lalu seorang warga pernah menjadi korban serangan buaya di Danau Meduyan tersebut.

Meski tidak mengakibatkan korbannya meninggal, namun serangan buaya itu perlu diwaspadai  sehingga pihak Disporapar Inhu memasang papan imbauan di sekitar objek wisata Danau Meduyan. Tujuannya agar wisatawan waspada terhadap serangan buaya. 

Meski di Danau Meduyan diketahui pernah menjadi habitat buaya, namun Lishaizar berkata tingkat kunjungan wisatawan di Danau Meduyan tidak terpengaruh.

"Wisatawan banyak yang berkunjung ke sana, terlebih lagi pada momen hari libur," kata Lishaizar. Kunjungan wisatawan ke Danau Meduyan juga dikarenakan setiap tahun pihak desa selalu menyelenggarakan event wisata di Danau Meduyan

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved