Destinasi Wisata di Riau

Air Terjun Batang Koban, Destinasi Wisata Top di Kabupaten Kuansing

Batang dalam bahasa melayu artinya sungai, Koban adalah sebutan nama kayu atau pohon. Sungai Koban, begitulah makna dari nama air terjun Batang Koban

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa/Dispar Riau
Salah satu Air Terjun Batang Koban , Kuantan Singingi Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, KUANTAN SINGINGI - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) memiliki destinasi wisata air terjun tujuh tingkat Batang Koban . Bagi wisatawan yang hendak melancong ke tempat ini akan disuguhi derasnya gelombang sungai dan perbukitan yang ditumbuhi pepohan asri menghijau dibantaran daerah aliran sungai (DAS) Kuantan.

Lewat siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com dari Dinas Pariwisata (Dispar) Riau. Menurut beberapa warga disana, nama Air Terjun Batang Koban sudah disebut-sebut sejak zaman Belanda menjajah Indonesia.

Batang dalam bahasa melayu artinya sungai, Koban adalah sebutan nama kayu atau pohon. Sungai Koban, begitulah makna dari nama air terjun Batang Koban.

Bagi para wisatawan yang suka objek wisata alam atau ekowisata , destinasi ini wajib dikunjungi. Dari pekanbaru jaraknya 160 kilometer atau sekitar sekitar 3 jam 45 menit berkendara menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua menuju Kota Taluk Kuantan di Kabupaten Kuansing.

Setelah tiba di Kota Taluk Kuantan , perjalan dapat dilanjutkan menuju Desa Ambacang , Kecamatan Hulu Kuantan. Jarak tempuhnya 36 kilometer atau 45 menit berkendara sampai dermaga keberangkatan yang lokasinya berada di tepian sungai Kuantan.

Lanskap hamparan persawahan yang membentang luas disisipi perbukitan, menjadi hiburan mata memandang ketika melintasi jalan ini.

Selanjutnya, perjalanan ditempuh menelusuri Sungai Kuantan menggunakan transportasi sungai milik warga setempat, yakni sampan kayu bermotor dengan kapasitas penumpang 5 hingga 10 orang. Untuk tarifnya dikenakan 30 ribu rupiah untuk 1 orang penumpang.

Selama perjalanan menelusuri Sungai Kuantan , andrenalin dipacu dengan gelombang yang menghempas badan sampan. Sebagian percikan airnya bisa membasahi baju atau pelampung yang dikenakan penumpang.

“Perjalanan menelusuri Sungai Kuantan menuju dermaga kedatangan Air Terjun Batang Koban sangat memacu andrenalin. Pemandangan hutan asri di bagian kanan dan kiri sungai menghijaukan mata memandang,” ujar seorang wisatawan dari Kota Pekanbaru, Iwan Gunawan, pada Senin (23/2/2020).

Dermaga Kedatangan Air Terjun Batang Koban , Kuantan Singingi Riau.
Perjalanan menelusuri Sungai Kuantan menuju dermaga kedatangan air terjun Batang Koban . Pemandangan hutan asri disisi kanan dan kiri sungai menghijaukan mata memandang. (Istimewa/Dispar Riau)

Setelah menelusuri sungai selama 30 menit, akhirnya sampan tiba di dermaga kedatangan Air Terjun Batang Koban .  Empat bangunan tangga, satu buah panggung terbuat dari beton berwarna oranye dipadu warna hijau berdiri kokoh ditepian sungai.

Ketika wisatawan masuk ke lokasi ini belum ada restribusi tiket yang diatur oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Saat ini pelancong yang berkunjung masih bisa masuk secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 

Sesampainya di kawasan air terjun Batang Koban para pelancong langsung disuguhi air terjun pertama, lokasinya tepat berada di samping anak tangga.  Setelah itu perjalan bisa dilanjutkan menuju air terjun kedua hingga air terjun ketujuh.

Untuk mencapai lokasi itu, para pelancong mesti melintasi rindangnya pohon-pohon besar serta anak sungai yang airnya masih jernih mengalir diatas bebatuan.  

Dermaga Kedatangan Air Terjun Batang Koban , Kuantan Singingi Riau.
Dermaga Kedatangan Air Terjun Batang Koban , Kuantan Singingi Riau. (Istimewa/Dispar Riau)

 Selanjutnya, mata pelancong yang datang juga disuguhi pahatan-pahatan alam membentuk ukiran menghiasi sekeliling tebing yang dibelah anak sungai.

Setibanya di air terjun ketujuh, panorama semburan air yang menjulang 30 meter ke atas bukit menjadi pelepas lelah setelah mendaki menelusuri hutan.

Di kawasan air terjun ini, tamu yang hadir bisa menjajal atraksi keseruan berpetualang dialam terbuka, berenang di anak sungai yang segar dan merasakan dinginya air terjun. 

Jangan sampai lupa, pelancong harus membawa bekal makanan, pasalnya di objek wisata tersebut tidak tersedia restoran atau pondok yang menjual makanan dan minuman. 

Fasilitas di kawasan Air Terjun Batang Koban saat ini hanya ada beberapa bangunan beton pondok peristirahatan dan MCK. (rls)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved