Karhutla di Riau

Siaga Karhutla, Relawan Unilak Terima Pelatihan Pemadaman Dari Tim Fire Management PT RAPP

Menurut Kapolda, semangat dari para relawan dapat menjadi pemicu bagi seluruh masyarakat dan menandakan bahwa riau sudah melawan Karhutla

Siaga Karhutla, Relawan Unilak Terima Pelatihan Pemadaman Dari Tim Fire Management PT RAPP
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Tim Fire Management PT RAPP melakukan simulasi tahapan-tahapan pemadaman kebakaran di lahan gambut dengan cara yang benar di Lapangan Bola Unilak , Pekanbaru, Selasa (25/2/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta penanggulangan kebakaran gedung digelar di lapangan bola Kampus Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Selasa (25/2/2020).

Acara yang disponsori PT RAPP dan didukung oleh Polda Riau, Pemerintah Provinsi Riau dan Korem 031/Wirabima tersebut diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa dari seluruh fakultas di Unilak, unit kegiatan mahasiswa, tenaga pengaman dan karyawan di lingkungan Unilak.

Dalam sambutannya, Riau'>Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan apresiasinya atas kesiapan Unilak karena telah menyiapkan relawannya dalam menghadapi Karhutla.

“Saat ini kita tahu ada 11 titik api yang menyala secara nasional, dan di riau memiliki 6 titik api yang sedang menyala, ada di Pulau Rupat Selatan, Rupat Utara, maupun ada di Meranti, tentu ini satu hal yang menggungah kita semua untuk hadir bersama-sama disini menyiapkan relawan untuk menghadapi Karhutla, kami bersama pemerintah daerah, pak gubernur, pak Danrem dan seluruh Forkopimda Provinsi Riau maupun kabupaten telah menggelorakan bagaimana relawan ini bisa bekerja,” kata Kapolda.

Dilanjutkannya, beberapa relawan kini sudah ada yang berangkat menuju Pulau Rupat untuk bergabung dengan petugas lainnya baik dari Polri, TNI atau BPBD,

“tentu hal yang luar biasa bahwa para relawan kita juga sudah terjun untuk melakukan pemadaman, dan kita tentu tidak akan membiarkan sendiri para relawan karena para petugas yang ada di lokasi sudah cukup banyak,” tambah Agung.

Menurutnya, semangat dari para relawan dapat menjadi pemicu bagi seluruh masyarakat dan menandakan bahwa riau sudah melawan Karhutla.

“Ini harus selalu kita gelorakan, dan hari ini rekan-rekan dari Unilak yang menjadi bagian dari relawan memulainya dengan pelatihan, tentu pelatihan menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan bagi semua relawan, relawan yang diberangkatkan melakukan pemadaman adalah relawan yang sudah dilatih, dan kami juga harapkan dalam palatihan ini rekan-rekan semua bisa mencermati hal-hal penting, salah satunya adalah bagaimana kita harus bisa menjaga keselamatan atau menjaga diri dari proses pemadaman, masker harus selalu dipakai, bekal air harus selalu siap, harus terampil menggunakan peralatan, nanti ada proses pelatihan disini dan Unilak mempelopori bagi civitas akademika untuk menjadi relawan, terimakasih sekali lagi untuk Unilak,” ujar Kapolda.

Tim Fire Management PT RAPP melakukan simulasi tahapan-tahapan pemadaman kebakaran di lahan gambut dengan cara yang benar di Lapangan Bola Unilak , Pekanbaru, Selasa (25/2/2020).
Tim Fire Management PT RAPP melakukan simulasi tahapan-tahapan pemadaman kebakaran di lahan gambut dengan cara yang benar di Lapangan Bola Unilak , Pekanbaru, Selasa (25/2/2020). (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa wilayah Provinsi Riau mempunyai luas kurang lebih 8.915.016 hektare dan memiliki sebaran gambut kurang lebih 5.095.390 hektare, atau setara dengan 57 persen dari seluruh luas wilayah di Provinsi Riau,

bahkan 50 persen sebaran gambut di Pulau Sumatera diantaranya berada di Provinsi Riau. Karena itu, hal tersebut membuat potensi bencana kebakaran hutan dan lahan di riau ini menjadi sangat tinggi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved