Karhutla di Riau

Kapolsek Rumbai Iptu Viola Ikut Turun Tangan Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Nelayan

Menurut Viola, akses menuju ke lokasi pemadaman tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat

Kapolsek Rumbai Iptu Viola Ikut Turun Tangan Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Nelayan
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Kapolsek Rumbai Iptu Viola Dwi Anggreni (kiri) berusaha memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Nelayan Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru , Rabu (26/2/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kebakaran lahan terjadi di Jalan Nelayan , Kelurahan Sri Meranti , Kecamatan Rumbai , Pekanbaru, Rabu (26/2/2020). Disampaikan Kapolsek Rumbai Iptu Viola Dwi Anggreni , kebakaran lahan gambut seluas dua hektare itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB dan saat ini masih dilakukan pemadaman oleh pihak BPBD Kota Pekanbaru , bersama anggota TNI dan Polri.

Menurut Viola, akses menuju ke lokasi pemadaman tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat, “kita pakai motor dengan membawa mini striker (pompa pemadam jinjing,red) untuk memadamkan api,” katanya kepada Tribunpekanbarutravel.com di lokasi kebakaran lahan.

Dilanjutkannya, kebakaran dikawasan itu sudah terjadi beberapa hari terakhir di tempat yang sama, “pelaku masih dalam lidik,” kata Viola.

Dari pengamatan dilapangan, semak-semak yang kering di lokasi itu memang membuat api cepat membesar dan merambat,

sebelum anggota BPBD Kota Pekanbaru datang, personil Koramil setempat bersama personil Polsek Rumbai berusaha memadamkan api dengan dahan kayu agar api tidak merambat lebih luas, termasuk Kapolsek Rumbai yang juga ikut serta berjibaku melakukan pemadaman.

Anggota TNI dan Polri berusaha memadamkan kebakaran lahan menggunakan dahan kayu agar api tidak meluas di Jalan Nelayan , Kecamatan Rumbai Pesisir , Pekanbaru, Rabu (26/2/2020)
Anggota TNI dan Polri berusaha memadamkan kebakaran lahan menggunakan dahan kayu agar api tidak meluas di Jalan Nelayan , Kecamatan Rumbai Pesisir , Pekanbaru, Rabu (26/2/2020) (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Namun dengan luasnya lahan dan besarnya api, ditambah lagi dengan asap yang pekat cukup membuat para personil kewalahan. Anggota BPBD pekanbaru akhirnya datang ke lokasi sekitar jam 16.20 WIB membawa pompa air dan akhirnya bersama-sama melakukan pemadaman.

Kemudian disusul dengan datangnya personil Manggala Agni setelah mereka berhasil memadamkan kebakaran lahan di kawasan Palas, Kecamatan Rumbai.

Berdasarkan informasi dari BMKG Pekanbaru, ada bulan Februari 2020 ini untuk Wilayah Provinsi Riau akan memasuki musim kemarau pertama ditahun 2020, sehingga terdapat potensi kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ).

Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran lahan di Jalan Nelayan , Kecamatan Rumbai Pesisi Pekanbaru, Rabu (26/2/2020)
Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran lahan di Jalan Nelayan , Kecamatan Rumbai Pesisi Pekanbaru, Rabu (26/2/2020) (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa musim kemarau priode pertama ditahun 2020 diperkirakan akan berlangsung hingga Maret.

"Untuk musim kemarau pertama di tahun 2020 ini akan berlangsung hingga Maret atau pertengahan bulan Maret. Kemudian barulah mulai dari pertengahan Maret hingga April mengalami musim hujan kembali," jelas Marzuki. 

Memasuki bulan Mei akan ada peralihan antara musim hujan kemusim kemarau. "Jadi diakhir Mei atau awal Juni itu wilayah Riau sebagaian besar sudah masuk musim kemarau dan diperkirakan sampai September atau awal Oktober," lanjutnya

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved