Karhutla di Riau

Usai Latihan Penanggulangan Karhutla, Para Mahasiswa ini Langsung Mendaftar di Posko Relawan

Dalam teknologi aplikasi Dashboard Lancang Kuning , ada berbagai menu diantaranya informasi hotspot, lapor kebakaran, direct message dan lain lainnya

Usai Latihan Penanggulangan Karhutla, Para Mahasiswa ini Langsung Mendaftar di Posko Relawan
Istimewa
Ratusan Relawan dari mahasiswa, tenaga pengaman dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mendapat arahan dari pihak Kepolisian di Posko Relawan Karhutla di kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Rabu (26/2/2020) sore. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Ratusan Mahasiswa, tenaga pengaman dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengunjungi Posko Relawan Karhutla di kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Rabu (26/2/2020) sore dengan menggunakan lima bus.

Meski cuaca panas, namun tidak menyurutkan langkah relawan Unilak , kegiatan itu langsung dipimpin oleh Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, dan sejumlah dosen, rombongan disambut oleh perwira Polda Riau AKBP Restika, dan jajaran.

Di awal penjelasannya, AKBP Restika, mengucapkan selamat datang di Posko Relawan Karhutla dan menjelaskan tentang aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang bisa di download di ponsel Android lewat play store.

"Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dan aplikasi ini akan digunakan oleh 13 Polda lain yang sering berhadapan dengan Karhutla . Harapan kita semua, pencegahan Karhutla bukan hanya tugas Polri dan TNI saja, tapi seluruh masyarakat di Bumi Lancang Kuning. Mahasiswa adalah agen perubahan yang dapat membantu mensosialisasikan pencegahan Karhutla , dan posko relawan di pekanbaru ini adalah sebagai pionir, dan akan dibuka di setiap kabupaten terlebih di kabupaten yang lahannya sering terbakar. Dengan kita bergerak bersama, semoga tahun 2020 bisa bebas asap di Riau , sekolah  tidak tutup, bandara tidak tutup seperti tahun sebelumnya,” jelas Restika

Usai mendapatkan penjelasan, kemudian tim Polda Riau, melalui Ipda Rama Aji menjelaskan tentang penggunaan aplikasi Dashboard Lancang Kuning . Ia bersama timnya langsung membantu cara pengisian aplikasi tersebut bagi mahasiswa, dan karyawan.

"Dalam teknologi aplikasi Dashboard Lancang Kuning , ada berbagai menu diantaranya informasi hotspot, lapor kebakaran, direct message dan lain lain" Ujar Rama Aji.

Usai sosialisasi, sebanyak 44 relawan telah mendaftar di aplikasi tersebut lewat smartphone, dan ratusan relawan selebihnya mendaftar menggunakan formulir.

Sebelum berangkat ke posko relawan Karhutla, dari pagi hingga siang hari, para mahasiswa dan pegawai Unilak mendapatkan latihan praktek penanggulangan Karhutla dan kebakaran gedung bersama Tim Fire Management PT RAPP .

Wiliam Anderyani, seorang mahasiswi peserta pelatihan mengatakan pelatihan ini sangat berguna dalam menghadapi Karhutla nantinya.

"Tadi kita diajarkan teknik menggunakan alat pemadam, cara menggulung selang, melihat arah angin, mencari kepala api, dan kesigapan membawa mesin air," ujar mahasiswi Fakultas Pertanian Unilak tersebut kepada Tribunpekanbarutravel.com

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved