Kabupaten Siak

Kementerian Kominfo Evaluasi Tiga Tahun Program Smart City di Siak, Inilah Hasilnya

Smart city tidak hanya tentang teknologi, namun juga bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah itu sendiri secara cerdas.

Kementerian Kominfo Evaluasi Tiga Tahun Program Smart City di Siak, Inilah Hasilnya
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah di Kabupaten Siak terlihat dari atas belum lama ini 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, SIAK - Kabupaten Siak masuk ke dalam 25 kabupaten/kota Smart City se Indonesia pada tahun 2017 lalu. Perkembangan program smart city tersebut sudah berjalan tiga tahun dan perlu dievaluasi.

"Evaluasi dilakukan oleh Kementerian Kominfo sekaligus memberikan bimbingan teknis. Sekarang sedang berlangsung, tujuannya untuk mewujudkan smart city yang dapat dirasakan masyarakat," kata Pj Sekdakab Siak Jamaluddin kepada Tribunpekanbarutravel.com , Kamis (27/2/2020).

Ia menjelaskan, saat pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Siak sebagai salah satu dari 25 kabupaten/kota Smart City merupakan prestasi baru.

Sebab, penetapan itu berdasarian penilaian terhadap kesiapan masing-masing kabupaten kota.

"25 kabupaten/kota terpilih itulah yang dijadikan pilot project smart city di Indonesia. Penetapannya pada Mei 2017 lalu," kata dia.

Program smart city ini terus berkembang di Indonesia. Kemudian pada 2018 pusat menjadikan 50 kabupaten kota dan pada 2019 menjadi 100 kabupaten/kota smart city.

"Smart City Kabupaten Siak dimotori oleh masing-masing OPD yang tergabung dalam dewan dan tim smart city Siak. Ini sudah berjalan selama 3 tahun. Bila dibandingkan dengan kabupaten kota pada  25 pertama, Siak yang termasuk baik perkembangannya dalam pelaksanaan smart city ini," katanya.

Setiap tahun, Pemkab Siak mendapat pendampingan dan bimbingan yang dari Kementerian Kominfo. 

Dijelaskan Jamaluddin, smart city tidak hanya tentang teknologi, namun juga bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah itu sendiri secara cerdas. Tujuannya untuk memberikan manfaat yang sebesar -besarnya kepada masyarakat. 

Konsep smart city ini juga sejalan dengan visi Kabupaten Siak dalam mewujudkan destinasi wisata yang berdaya saing dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, serta pelayanan publik yang prima.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved