Karhutla di Riau

Sekitar 360 Hektare Lahan Terbakar di Riau Sejak Januari 2020, Terbanyak di Siak

Sesuai prediksi dari BMKG Stasiun Pekanbaru mulai Bulan Maret ini wilayah Riau masuk musim kemarau

Sekitar 360 Hektare Lahan Terbakar di Riau Sejak Januari 2020, Terbanyak di Siak
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Kebakaran lahan terjadi di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti , Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Rabu (26/2/2020). Sesuai prediksi dari BMKG Stasiun Pekanbaru mulai Maret ini wilayah Riau masuk musim kemarau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sejak beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Provinsi Riau tidak ada diguyur hujan. Cuaca panas pun terasa menyengat di kulit.

Sesuai prediksi dari BMKG Stasiun Pekanbaru mulai Bulan Maret ini wilayah Riau masuk musim kemarau.  

Sehingga potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangat mudah terjadi. Karhutla saat ini terjadi di sejumlah titik di Riau.

Diantaranya di Dumai, Bengkalis, Meranti dan Rokan Hilir. 

"Hari ini petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan di wilayah Dumai, Bengkalis, Meranti dan Rohil," kata Riau Edwar Sanger'>Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Tribunpekanbarutravel.com , Minggu (1/3/2020).

Edwar mengatakan, sejauh ini petugas terus melakukan upaya pemadaman dan melakukan sekat kanal agar api tidak semakin meluas. Namun pihaknya tidak menapik sejumlah kendala kerap dialami petugas saat melakukan pemadaman.

"Kendalanya itu angin kencang dan cuaca kering serta sulitnya sumber air, sehingga petugas harus bekerja keras untuk bisa melakukan pemadaman," ujarnya. 

BACA JUGA : 

Usai Latihan Penanggulangan Karhutla, Para Mahasiswa ini Langsung Mendaftar di Posko Relawan

Kapolsek Rumbai Iptu Viola Ikut Turun Tangan Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Nelayan

Edwar mengungkapkan, sejak 1 Januari 2020 lalu, total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 360,30 hektare. Rincianya Rohil 5,25 hektare, Dumai 49,3 hektare, Bengkalis 90,8 hektare, Meranti 16 hektare, Pekanbaru 6,5 hektare, Kampar 2,75 hektare, Pelalawan 5 hektare, Inhu 21,75 hektare serta Inhil 53,6 hektare dan terbanyak di Siak 109 hektare  

"Ada dua kabupaten yang masih nihil Karhutla, yakni Kuansing dan Rohul. Kita berharap dua wilayah ini tidak terjadi Karhutla," katanya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved