Pelido 1

Dukung Pertumbuhan Industri, Pelindo 1 Sei Pakning Optimalkan Layanan Marine Service

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Sei Pakning menggelar kegiatan Port Community

Dukung Pertumbuhan Industri, Pelindo 1 Sei Pakning Optimalkan Layanan Marine Service
Istimewa
(Kiri ke kanan) VP Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami, GM Pelindo 1 Sei Pakning Al Abrar, KSOP Kelas II Tanjung Buton Wigyo, Head Logistic PT RAPP Refnil Dodi dan Ketua INSA Pekanbaru Marwan saat kegiatan Port Community yang bertema “Peran Marine Service Pelindo 1 Sei Pakning dalam Menunjang Bisnis Global,” di Hotel Aryaduta Pekanbaru pada Selasa (10/3/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Sei Pakning menggelar kegiatan Port Community yang bertema “Peran Marine Service Pelindo 1 Sei Pakning dalam Menunjang Bisnis Global,” di Hotel Aryaduta Pekanbaru pada Selasa (10/3/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur SDM Pelindo 1. M Hamied Wijaya, General Manager Pelindo 1 Cabang Sei Pakning, Capt. Al Abrar, KSOP Kelas II Tanjung Buton Wigyo S.Sos, Ketua INSA Pekanbaru Marwan serta segenap stakeholder Pelindo 1.

“Kegiatan Port Community ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh Pelindo 1 Cabang Sei Pakning yang mengambil tema Peran Marine Service Pelindo 1 Sei Pakning dalam Menunjang Bisnis Global. Kami berharap dengan kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi dan koordinasi dalam meningkatkan bisnis marine service di Sei Pakning untuk mendukung kegiatan usaha dan industri sekitar. Melalui kegiatan ini, kami mengajak untuk memanfaatkan peran pelabuhan secara maksimal guna mempercepat pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional,” terang Direktur SDM Pelindo 1 , M Hamied Wijaya dalam siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com

BACA JUGA : 

Pelindo I Tingkatkan Pengawasan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Seluruh Pelabuhan

5 Suvenir di Bandara Haneda yang Cocok Jadi Oleh-oleh

General Manager Pelindo 1 Cabang Sei Pakning, Capt. Al Abrar menjelaskan bahwa kegiatan Port Community menjadi wadah silaturahmi, bertukar informasi, dan memperluas jaringan bisnis antara Pelindo 1, pemerintah daerah, stakeholder, dan pengguna jasa. “Pelindo 1 Cabang Sei Pakning berkomitmen untuk mengoptimalkan layanan marine service berupa pelayanan pemanduan dan penundaan dengan zero waiting time dan SDM Pandu yang profesional. Selain itu di Pelabuhan Sei Pakning juga telah diterapkan sistem Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yaitu sistem operasi terminal multipurpose yang tersistemasi, terintegrasi dan realtime secara online dalam menghadapi perkembangan industri, sehingga dapat menunjang pertumbuhan usaha dan industri sekitar,” terang Capt. Al Abrar.

Pelabuhan Sei Pakning berada di Selat Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dan didukung dengan fasilitas dermaga pandu sepanjang 60 meter dengan kedalaman -6m Lws, 2 unit kapal pandu , 12 orang SDM Pandu, penerapan ISPS Code serta memiliki kantor kawasan di Pelabuhan Bengkalis.

Bisnis utama Pelabuhan Sei Pakning adalah pelayanan Marine Service yang dimulai dari Pilot Station yang berada di Selat Morong menuju ke area ship to ship di Sei Pakning, Pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Pertamina, Pelabuhan Umum Tanjung Buton dan TUKS Futong.

Lalu lintas kapal yang dilayani oleh Pelabuhan Sei Pakning setiap tahunnya mengalami peningkatan, dimana tahun 2017 Pelindo 1 Sei Pakning melayani 743 call kapal, tahun 2018 sebanyak 1.031 call kapal dan tahun 2019 sebanyak 1.161 call kapal.

“Ini menunjukkan adanya pertumbuhan industri yang berada di wilayah SeiPakning secara khusus dan Provinsi Riau secara umum,” jelas Capt. Al Abrar.

Dalam kegiatan Port Community ini juga dilakukan pemaparan tentang awarness layanan Customer Relationship Management (CRM) dan Call Center untuk pengguna jasa Pelindo 1. CRM merupakan layanan pengelolaan hubungan korporasi dengan pelanggan dalam level bisnis untuk memaksimalkan komunikasi dan pemasaran, sedangkan Layanan Call Center untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan pelanggan sehingga menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan,” jelas VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

BACA JUGA : 

Merasakan Manfaat Hutan Pedalaman Riau Lewat Madu Sialang Anak Talang

Pesona Pasir Berbisik Beting Aceh, Indahnya Sebanding dengan Gili Trawangan NTB

Selain itu Pelindo 1 juga menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk masyarakat Sei Pakning berupa bantuan pelestarian mangrove dan wisata serta bantuan pembangunan Asrama Panti Asuhan Al-Fajar. “Bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang diserahkan Pelindo 1 ini merupakan wujud kepedulian Pelindo 1 kepada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasional. Kami berharap kehadiran Pelindo 1 dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Untuk kegiatan Port Community ini harapannya dapat diselenggarakan secara berkelanjutan sebagai wadah diskusi untuk menyampaikan permasalahan, usulan, bahkan arah pengembangan pelabuhan,” tutup Fiona.

Pelindo 1 merupakan BUMN yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo 1 mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai. (rls)

BACA JUGA : 

Destinasi Wisata Riau Dalam Genggaman, Mari Unduh Aplikasi Dewi

Enaknya Pancake Durian, Dibuat Dari 90 Persen Durian Bekualitas

Penumpang Dari Luar Negeri Menurun Hingga Pemberian Kartu HAC, Ini Penjelasan KKP Pekanbaru

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved