BBKSDA Riau

Dapat Laporan Penampakan Harimau di Danau Buatan, BBKSDA Riau Cek ke Lokasi, Inilah Hasilnya

Sehari sebelumnya, Balai Besar KSDA Riau menerima laporan dari masyarakat bahwa di sekitaran danau diinformasikan terdapat Harimau Sumatera

Dapat Laporan Penampakan Harimau di Danau Buatan, BBKSDA Riau Cek ke Lokasi, Inilah Hasilnya
Istimewa
Anggota Polisi Kehutanan, Jaya Sitorus melakukan pengecekan di kawasan Danau Buatan atau Danau Bandar Khayangan , Kelurahan Lembah Sari , Kecamatan Rumbai Pesisir terkait adanya kabar penampakan Harimau Sumatera oleh pemancing, Jumat (13/3/3030). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau melakukan pengecekan di kawasan Danau Buatan atau Danau Bandar Khayangan , Kelurahan Lembah Sari , Kecamatan Rumbai Pesisir terkait adanya kabar penampakan Harimau Sumatera oleh pemancing, Jumat (13/3/2020).

Sehari sebelumnya, pihak Balai Besar KSDA Riau menerima laporan dari masyarakat bahwa di sekitaran danau diinformasikan terdapat Harimau Sumatera yang berkeliaran.

Atas laporan itu, Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah 2 Heru Sutmantoro menurunkan anggota Polisi Kehutanan, Jaya Sitorus dan Deddy Saputra Hasnur untuk  datang ke lokasi mengecek kebenaran berita tersebut.

Kedua personil bergerak menuju lokasi yang diduga merupakan tempat kemunculan satwa Harimau sumatera.

“Tim melakukan pencarian informasi kepada masyarakat terkait kemunculan satwa Harimau Sumatera, baik itu informasi jejak maupun sisa kotoran,” kata Kepala Bidang KSDA Wilayah 2 Heru Sutmantoro

Namun, Dijelaskan Heru, berdasarkan informasi dari seorang warga di sana yang bernama Wahyu, informasi terkait tentang kemunculan Harimau didapat dari warga yang memancing ikan di sekitar Danau Khayangan, sementara itu, warga di sekitar danau Khayangan sendiri tidak menemukan jejak nya apalagi melihat kemunculan satwa tersebut. Mereka hanya mendapatkan berita dari pemancing.

BACA JUGA : 

Sampaikan Edukasi Konservasi, BBKSDA Riau Ajak Murid SMP Lihat Berbagai Satwa di Kandang Transit

FOTO : BBKSDA Riau Rawat Dua Anak Kucing Hutan yang Ditemukan Warga

“Petugas tetap melakukan pencarian jejak, namun tidak menemukan adanya jejak satwa Harimau Sumatera di sekitar danau Khayangan dan bahkan Bukit Panorama,” tambahnya.

Dilanjutkan Heru, untuk meredam keresahan masyarakat, petugas melakukan sosialisasi terkait satwa Harimau sumatera dan memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi apabila nantinya masyarakat menemukan/melihat langsung keberadaan Harimau atau jejak dari satwa yang dilindungi tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, terdapat pesan yang diteruskan secara berantai dari WhatsApp Group terkait adanya penampakan Harimau Sumatera di kawasan Danau Khayangan, berikut isi pesannya:

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved