Dampak Virus Corona di Riau

Begini Cara Dishub Cegah Penyebaran Virus Corona di Pekanbaru

Dalam satu hari, satu bus yang sama bisa menjalani empat kali sterilisasi

Begini Cara Dishub Cegah Penyebaran Virus Corona di Pekanbaru
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melakukan sterilisasi Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona , Selasa (17/3/2020). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU – Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melakukan sterilisasi Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dan Halte Bus TMP sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Selasa (17/3/2020).

Menurut Pengawas TMP Dishub Kota Pekanbaru, Yusri, kegiatan sterilisasi itu dilakukan di seluruh Halte Bus TMP, tim yang melakukan sterilisasi juga bersiaga di sejumlah Halte Bus TMP yang dinilai ramai,

sehingga saat Bus TMP merapat ke halte, petugas dapat langsung melakukan pembersihan di dalam bus.

“Tindakan sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan dan mengelap bagian dalam Bus TMP, pertama di bagian tempat gantungan tangan dan tiang-tiang karena disitu tempat orang nyaman memegang, kemudian di bangku, sandaran bangku, stir dan tempat supir juga dibersihkan,” kata Yusri.

BACA JUGA : 

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dinas Kesehatan Pekanbaru Semprotkan Disinfektan di MPP

Cegah Penularan Virus Corona, Kampus di Pekanbaru ini Terapkan Kuliah Secara Online

Disampaikannya, bagian bangku supir juga dibersihkan karena supir memiliki sistem sift, pertama masuk jam 05.30 WIB kemudian berakhir jam 14.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan shift kedua dari jam 14.00 WIB hingga jam 21.00 WIB.

“Pramugara juga harus bersih, penanganan ini diberlakukan sama di semua Bus TMP, yang besar maupun yang kecil,” tambah Yusri.

Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melakukan sterilisasi Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona , Selasa (17/3/2020).
Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melakukan sterilisasi Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona , Selasa (17/3/2020). (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Dijelaskannya, dalam satu hari, satu bus yang sama bisa menjalani empat kali sterilisasi, “kita punya catatan waktu dan nomor bus nya, dalam jangka waktu tertentu kita kembali lakukan pembersihan,” katnya.

Dari pantauan Tribunpekanbarutravel.com salah satu kegiatan sterilisasi ini dilakukan di Halte Bus TMP Sukaramai Trade Centre (STC) Jalan Sudirman Pekanbaru,

Satu persatu, bagian dalam Bus TMP yang tiba langsung dibersihkan oleh petugas Dishub yang bersiaga sejak pagi. Sterilisasi dilakukan dengan penyemprotan disinfektan dari alat hand sprayer, setelah itu dilap dengan kain.

BACA JUGA : 

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Masjid Agung An Nur Kini Ditutup Untuk Aktifitas Olahraga

Inilah 6 Jenis Produk Kopi ber-SNI yang Telah Diterbitkan Badan Standarisasi Nasional

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved