Destinasi Wisata di Siak

Tangsi Belanda Reborn, Kemegahan Kolonial di Kampung Benteng

Sejak bangunan khas yang bernama Tangsi Belanda itu dipugar, membuat warga Siak kembali melihat kemegahan kolonial.

Tangsi Belanda Reborn, Kemegahan Kolonial di Kampung Benteng
Istimewa
Tangsi Belanda berada di tepian Sungai Siak, Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU -  Bangunan Kolonial Belanda yang berada di tepian Sungai Siak , Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak  ini awalnya seperti bangunan tua yang tak terurus.

Namun sejak bangunan khas yang bernama Tangsi Belanda itu dipugar, membuat warga Siak kembali melihat kemegahan kolonial. 

Pemugaran bangunan tua itu dilakukan dua tahap. Pertama pada 2018 dan tahap dua dilaksanakan pada 2019. Kini, pemugaran selesai. Pemerintah Kabupaten Siak memberikan sentuhan wisata pada bangunan itu sehingga menjadi daya tarik wisatawan. 

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni mengatakan, meski destinasi ini belum resmi dibuka, tapi antusias wisatawan sudah sangat tinggi. “View tepi sungai membuat nuansa wisatawanya semakin kuat di senja hari, karena bisa menikmati sunset di sana," kata Fauzi Asni kepada Tribunpekanbarutravel.com , Senin (16/3/2020).

Pihaknya masih merencanakan pembukaan untuk umum, sehingga dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemerintah Kabupaten Siak.

BACA JUGA : 

Istana Sayap, Warisan Raja ke 11 Kerajaan Pelalawan

Berwisata Sambil Belajar Sejarah Kerajaan di Istana Sayap Pelalawan

Kegiatan pertama yang akan digelar di sana adalah gala dinner pada acara Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang bakal digelar pada 3-6 April 2020 mendatang.

"Kita ingin menghadirkan suasana baru tapi kesannya mengantarkan tamu-tamu pada zaman kolonial. Kepala -kepala daerah yang hadir diajak ke sana naik kapal dari Siak untuk menikmati makan malam," kata Fauzi.

Secara aset, gedung Tangsi Belanda itu masih berada di bawah Dinas PU Tarukim Siak. Terkait menjadi destinasi wisata baru, maka akan ada serah terima dan peresmiannya nanti.

Hal terpenting saat ini, kata Fauzi bangunan sudah sangat cantik ditambah landscap nya yang menarik minat wisatawan. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved