Destinasi Wisata di Inhu

Pernah Menjadi Tempat Pemandian Putri Raja, Begini Sejarah Dibalik Keindahan Danau Raja Inhu

Danau Raja yang berada tepat di tepi Kecamatan Rengat, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar Inhu

Pernah Menjadi Tempat Pemandian Putri Raja, Begini Sejarah Dibalik Keindahan Danau Raja Inhu
Dok Tribun Pekanbaru
Pohon rindang cocok menjadi tempat bersantai menikmati suasana tenang di Danau Raja, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, INHU - Rengat, negeri bersejarah dengan segudang cerita di setiap sudut kotanya. Sebagai kota tua, Rengat juga pernah menjadi pusat kerajaan melayu yang bernama Kerajaan Indragiri.

Bukti sejarah membuktikan eksisnya Kerajaan Indragiri pada masa itu, salah satunya adalah keberadaan Danau Raja . Danau Raja yang berada tepat di tepi Kecamatan Rengat, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Selain menawarkan keindahan, mitos yang tersembunyi di balik Danau Raja juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang penasaran ingin mengetahuinya.

Sebelum mengulas kisah Danau Raja lebih mendalam, pengunjung harus tahu lebih dulu letak lokasi Danau Raja. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Danau Raja terletak di pinggir Kecamatan Rengat yang merupakan ibukota Kabupaten Inhu. Apabila dari Pekanbaru, maka bisa menempuh waktu tiga hingga empat jam agar bisa sampai di Kecamatan Rengat.

Setibanya di Rengat, pengunjung akan langsung disambut dengan permukaan air yang membentang dan juga pepohonan hijau yang mengelilingi Danau Raja. Rasa lelah akan terbayar begitu pengunjung singgah untuk menikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi, di bawah rindangnya pohon-pohon beranting besar.

BACA JUGA : 

Kampanyekan Kelestarian Hutan Mangrove, Atuk Wis Hadirkan Batik Bakau di Kota Dumai

Pasca Penerapan Social Distancing, Kunjungan ke Mal di Pekanbaru Menurun, Jam Operasional Dikurangi

Mengulas sejarah Danau Raja tidak banyak yang orang mengetahuinya. Beruntung Kabupaten Inhu memiliki banyak budayawan atau pemerhati sejarah. Salah satunya yang tidak diragukan lagi perhatiannya terhadap segala bentuk kebudayaan dan sejarah yang ada di Kabupaten Inhu adalah Saharan.

Saharan merupakan staf Balai Besar Cagar Budaya Sumbar, Riau, Kepri. Kesehariannya adalah mengurus serta merawat Komplek Makam Raja Narasinga. Saharan juga mengetahui banyak soal sejarah Kerajaan Indragiri di Kabupaten Inhu. Kerajaan Indragiri sendiri tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Danau Raja.

Awal penjelasannya, Saharan berkata Danau Raja tidak terlepas dari latar belakang sejarah yang legendaris. Ia mengatakan bahwa sebelumnya nama Danau Raja adalah Danau Seliku yang berarti tanjung.

Pembentukan Danau Raja sendiri menurut Saharan dikarenakan adanya proses evolusi alam, yaitu terjadinya pendangkalan Sungai Indragiri. Meski begitu tidak bisa dijelaskan waktu proses pembentukan Danau Raja sehingga menjadi sebuah danau.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved