BBKSDA Riau

Tiga Hari Terjerat di Teluk Meranti, Harimau Betina ini Akhirnya Dievakuasi ke Dharmasraya

Diperkirakan Harimau Sumatera betina itu sudah terjerat selama tiga hari.

Tiga Hari Terjerat di Teluk Meranti, Harimau Betina ini Akhirnya Dievakuasi ke Dharmasraya
Dok Balai Besar KSDA Riau
Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau berusaha meyelamatkan seekor Harimau Sumatera yang terkena jerat di area konsesi hutan tanaman industri perusahaan di Blok Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Minggu (29/3/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PELALAWAN – Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau (KSDA Riau) berhasil menyelamatkan seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang terkena jerat di area konsesi hutan tanaman industri (HTI) perusahaan di Blok Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Minggu (29/3/2020)

Disampaikan Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono, awalnya, pihaknya mendapat laporan dari manajemen PT RAPP pada hari Sabtu (28/3/2020) sekitar pukul 15.00 Wib yang menyampaikan bahwa pekerja lapangan menemukan Harimau Sumatera yang terkena jerat di sempadan kanal Sangar Blok Meranti.

Selanjutnya dilakukan pengawasan oleh pihak perusahaan dalam jarak aman di sekitar lokasi kejadian.

Pada hari yang sama, tim medis dan tim pengaman segera  diberangkatkan dari Pekanbaru dengan mengangkut kandang  evakuasi satwa, dan sampai kelokasi keesokan harinya.

Untuk dapat ke lokasi, tim harus melewati kanal sejauh 2 Km dengan waktu tempuh 15 menit, Dilanjutkan dengan berjalan jalan kaki sejauh 500 meter, dengan waktu tempuh 30 menit.

BACA JUGA : 

Balai Besar KSDA Riau Lepasliarkan Trenggiling yang Ditemukan Warga di Kecamatan Sungai Apit

Penerbangan Banyak Dibatalkan, Asita Riau Minta Semua Mitra Permudah Proses Refund

“Tim sekitar jam 11 siang berhasil mencapai lokasi kemudian melakukan upaya-upaya penyelamatan terhadap Harimau Sumatera itu,” kata Suharyono.

Dijelaskannya, Pukul 12.30 WIB, tim sudah dapat melakukan pembiusan terhadap Harimau Sumatera dan melepaskan tali jerat. Diperkirakan harimau itu sudah terjerat selama tiga hari.

Diketahui Harimau Sumatera tersebut berjenis kelamin betina dengan umur dibawah lima tahun, panjang badang 170 cm dan berat kurang lebih 85-90 kilogram.

“Dari hasil pengamatan tim medis kami, luka yang dialami harimau tersebut cukup dalam di kaki kanan depannya,” ujar Suharyono.

Berdasarkan pertimbangan medis, harimau tersebut akhirnya dievakuasi untuk dilakukan  pengobatan lebih lanjut.  “mulai jam 5 sore tim sudah bergerak menuju ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) Sumatera Barat untuk bisa mendapatkan perawatan secara intensif,” jelasnya.

Tim berangkat dari Estate Meranti menuju PRHSD pada pukul 17.00 WIB, melalui jalan darat dengan estimasi perjalanan selama 18 jam.

BACA JUGA : 

Tim Rescue BBKSDA Riau Berhasil Selamatkan Anak Beruang Dari Jeratan di Kecamatan Batang Gangsal

FOTO : BBKSDA Riau Rawat Dua Anak Kucing Hutan yang Ditemukan Warga

Sampaikan Edukasi Konservasi, BBKSDA Riau Ajak Murid SMP Lihat Berbagai Satwa di Kandang Transit

Cegah Wabah Covid-19, Penerbangan Internasional di Bandara SSK II Dihentikan

 

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved