Kuliner di Meranti

Peminat Kopi Liberika Meranti Banyak di Negara Tetangga, Namun Sepi di Negeri Sendiri

Kopi Liberika Rangsang Meranti ini telah menjadi komoditas khas dari Kepulauan Meranti karena rasa dan aromanya yang khas.

Peminat Kopi Liberika Meranti Banyak di Negara Tetangga, Namun Sepi di Negeri Sendiri
Dok Tribun Pekanbaru
Petani sedang memanen biji Kopi Liberika di Kabupaten Kepulauan Meranti . 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, MERANTI - Kopi Liberika merupakan salah satu komoditi unggulan dari Kabupaten Kepulauan Meranti. Kopi Liberika Rangsang Meranti ini telah menjadi komoditas khas dari Kepulauan Meranti karena rasa dan aromanya yang khas.

Berbeda dengan jenis kopi lainnya, kopi ini tumbuh di daerah dataran rendah dan tumbuh di daerah tidak jauh dari permukaan laut.

Jenis kopi yang saat ini mulai populer adalah Kopi Liberoit Komposit Meranti. Kopi jenis Liberika ini menjadi magnet di daerah kepulauan Meranti.

Kopi yang berasal dari daerah Afrika Barat tersebut mampu tumbuh dengan baik di daerah Meranti. Tidak seperti Kopi Liberika Jambi, Kopi Meranti memiliki kadar keasaman yang rendah.

Meskipun begitu, kadar asamnya tetap mantap dan pekat. Aroma nangka yang menjadi ciri khasnya pun terasa cukup kuat. 

BACA JUGA : 

Inilah 6 Jenis Produk Kopi ber-SNI yang Telah Diterbitkan Badan Standarisasi Nasional

Segarnya Menyeruput Kopi Aren di Kodai Kopi Bakayu, Bikin Susah Beranjak

Potensi kopi Liberika Meranti memiliki luas sekitar 1.246 hektare dengan produksi mencapai 1.710,422 ton per tahun. Penjualan kopi liberika Meranti sudah menembus pasar Malaysia sejak tahun 1980 silam. 

Hal itu dipengaruhi letak geografis antara Kecamatan Rangsang dengan Batu Pahat, wilayah distrik negara bagian barat Johor, Malaysia yang cenderung dekat saat dilewati melalui Selat Malaka.

Wabah Covid-19 Mempengaruhi Ekspor Kopi ke Malaysia

Karena pengaruh wabah Virus Corona atau Covid-19 dan lockdown yang diberlakukan oleh negara Malaysia, hal ini berpengaruh terhadap pendistribusian Kopi Liberika di sana.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved