Karhutla di Riau

Cegah Karhutla, Patroli Terpadu Akan Operasikan 32 Posko di Riau

Di Riau, Patroli Terpadu akan beroperasi di 32 posko dengan jangkauan 64 desa rawan kebakaran hutan dan lahan.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Koordinator Manggala Agni Riau Edwin Putra (kiri) melepas patroli terpadu di Markas Manggala Agni Daops Pekanbaru, Rabu (1/4/2020). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai melaksanakan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) di empat provinsi rawan di Sumatera, meliputi Sumatera Utara , Riau , Jambi, dan Sumatera Selatan. 

Secara keseluruhan pada awal Bulan April ini, patroli terpadu di laksanakan di 97 desa rawan karhutla se-Sumatera. Khusus untuk Provinsi Riau, patroli terpadu akan beroperasi di 32 posko dengan jangkauan 64 desa rawan kebakaran hutan dan lahan.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Basar Manullang mengungkapkan, meningkatnya intensitas kebakaran hutan dan lahan pada awal tahun 2020 di Sumatera khususnya Provinsi Riau dan Sumatera Utara harus segera direspon dengan upaya pencegahan yang lebih intensif.

“Tim patroli terpadu ini akan diterjunkan di desa-desa rawan karhutla sehingga segera mendeteksi secara dini setiap karhutla di lapangan dan akan segera langsung menanggulangi kebakaran yang terjadi dengan peralatan yang dibawanya.” jelas Basar dalam siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com , Kamis (2/4/2020).

BACA JUGA : 

Kunjungan ke Mal Turun Hingga 85 Persen, ini Penjelasan Assosiasi Pengelola Pusat Belanja Riau

Gelar Operasi Penertiban, Balai Gakkum LHK Selamatkan 10 Satwa Dari Perdagangan di Siak Hulu

Strategi pengendalian Karhutla mengalami perubahan dengan memprioritaskan upaya pencegahan dan pemadaman secara dini.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla di tingkat tapak, salah satunya adalah melalui Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla.

Patroli Terpadu adalah salah satu upaya penting yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan melibatkan peran serta para pihak meliputi Manggala Agni , TNI, Polri, pemerintah daerah dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan di tingkat tapak terutama di desa-desa rawan karhutla.  

Sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada areal rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah di tingkat tapak.

BACA JUGA : 

Peminat Kopi Liberika Meranti Banyak di Negara Tetangga, Namun Sepi di Negeri Sendiri

Antisipasi Covid-19, PFI Pekanbaru Bagikan Hand Sanitizer, Masker dan Vitamin Kepada Pewarta Foto

Patroli terpadu ini merupakan implementasi Arahan Presiden Republik Indonesia pada Rakornas Karhutla 2020 untuk memprioritaskan pencegahan dan melihat potensi munculnya titik panas di sejumlah wilayah rawan. 

“Tim patroli akan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan. Pesan dan ajakan untuk mencegah karhutla disampaikan melalui aksi anjangsana ke rumah, kebun, ladang, warung, bahkan masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli mereka”, tambah Basar.

Sementara itu, Kepala Balai PPILHL Sumatera Ferdian Krisnanto memberikan keterangan adanya tugas tambahan pada Tim Patroli Terpadu 2020, selain tugas utama pencegahan Karhutla, yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan Covid-19 .

Koordinator Manggala Agni Riau Edwin Putra menyampaikan bahwa Launching Patroli Terpadu (Patdu) di Riau dilaksanakan secara serentak di 4 Markas Daops Manggala Agni yang dipimpin oleh masing masing Kepala Daops.

"Ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Provinsi Riau , seluruh Tim Patdu kita bekali dengan APD dan wajib menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19 guna menjamin kesehatan seluruh personil dalam melaksanakan tugas" pungkasnya.

BACA JUGA : 

Harimau yang Terjerat di Kawasan HTI di Pelalawan Diberi Nama Corina, Begini Kondisi Terakhirnya

Penerbangan Banyak Dibatalkan, Asita Riau Minta Semua Mitra Permudah Proses Refund

Ace Hardware Hadirkan Krisbow Pocket Infrared Thermometer

Kisah Raja Siantar di Bengkalis, Dipenjara Pemerintah Kolonial Hingga Jadi Guru Ngaji di Pengasingan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved