Komunitas

Awalnya Iseng, Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru Kini Rutin Melakukan Ekspedisi ke Tempat Angker

Awalnya mencari sosok gaib hanyalah keisengan, mereka pergi ke Hutan Kota Pekanbaru. Kala itu, mereka mendengar suara aneh seperti tawa kuntilanak.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru foto bersama di jembatan Siak IV beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Aktivitas komunitas ini boleh dikatakan unik sekaligus menantang. Dari namanya saja, kegiatan yang dilakoninya sudah dapat ditebak. Adalah Ghost Hunter Pekanbaru . Dalam bahasa Indonesia, artinya pemburu hantu .

Komunitas anak muda ini memang menguji nyali dengan mencari makhluk halus. Pendiri Ghost Hunter Pekanbaru , Rofiq Amanullah bahkan mengaku ini adalah hobi mereka. "Kalau ketemu hantu, ada kepuasan dan rasa senang gitu. Tapi takut ada juga," katanya kepada tribunpekanbarutravel.com baru-baru ini.

Rofiq mengatakan, Ghost Hunter Pekanbaru terbentuk 14 Februari 2016. Awalnya, mencari sosok gaib hanya iseng. Ia dan beberapa temannya pertama sekali melakukan keisengan tersebut ke Hutan Kota Pekanbaru. Kala itu, mereka mendengar suara aneh seperti tawa kuntilanak.

BACA JUGA : 

Kandang Harimau Corina Dilengkapi Empat Lampu Penghangat, Kondisinya Semakin Membaik

Solidaritas Cegah Covid-19, PFI Pusat Kirimkan Bantuan ke 17 Kota di Indonesia, Termasuk Pekanbaru

Pengalaman pertama mereka ternyata mengasyikkan. Lalu Rofiq dan teman-teman memiliki ide membentuk komunitas sesama penghobi memburu hantu. Mereka mengajak teman yang lain untuk bergabung. Ternyata yang berminat cukup banyak. Personil komunitas pertama sekali 20 orang.

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia pada Universitas Islam Riau (UIR) ini mengatakan, Ghost Hunter Pekanbaru menanamkan prinsip kepada anggotanya agar jangan ada rasa takut dengan jin. "Derajat manusia lebih tinggi dari pada mereka," tandasnya.

Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru melakukan persiapan di lokasi jelang ekspedisi dan uji nyali
Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru melakukan persiapan di lokasi jelang ekspedisi dan uji nyali (Istimewa)

Menurut Rofiq yang juga ketua pertama Ghost Hunter Pekanbaru , mereka mencari tempat yang dianggap angker. Seperti kuburan, bangunan yang sudah lama kosong dan tempat-tempat lain. "Kalau ada dapat foto lokasi yang dibilang angker, kita malah ke situ," kata Habib Mustofa, ketua Ghost Hunter Pekanbaru setelah Rofiq, menimpali.

Rofiq mengatakan, Ghost Hunter Pekanbaru rutin melakukan ekspedisi. Sejak komunitas itu terbentuk, sudah sangat banyak tempat di pekanbaru yang didatangi. Sebelum ekspedisi, Ghost Hunter Pekanbaru meminta izin dari aparat setempat seperti Ketua RT. Ekspedisi diawali dengan doa.

BACA JUGA : 

UMKM Milenial Gagas Donasi Kopi Untuk Tenaga Medis Covid-19 di Pekanbaru

Gramedia Mal SKA Pekanbaru Gelar Program Pesan, Bayar Kami Antar

Lalu, penentuan anggota yang siap uji nyali. Tiap anggota yang mendapat giliran, ditinggal sendiri di lokasi angker antara setengah sampai satu jam. Tergantung kesanggupan anggota bersangkutan. Sedangkan yang lain menunggu giliran.

Khusus untuk cewek, tutur dia, diperbolehkan uji nyali hanya di dalam gedung. Cewek tidak diberi tantangan uji nyali di ruang terbuka untuk menghindari risiko binatang buas.

"Yang nunggu giliran, memburu foto mencari penampakan," kata Rofiq. Ia mengaku Ghost Hunter Pekanbaru telah memiliki beberapa koleksi foto penampakan. Ekspedisi tidak selalu membuahkan hasil. Namun anggota Ghost Hunter Pekanbaru terlatih mengalahkan rasa takut.

Rofiq (kanan) sebagai pendiri Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru bersama teman-teman anggota Ghost Hunter Pekanbaru
Rofiq (kanan) sebagai pendiri Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru bersama teman-teman anggota Ghost Hunter Pekanbaru (Istimewa)

Pria kelahiran Pekanbaru 22 tahun lalu ini menambahkan, anggota komunitas itu sering dipanggil untuk mengobati orang kesurupan. Urusan ini butuh kemampuan khusus. Bagi anggota Ghost Hunter Pekanbaru yang bersedia, dapat berlatih kebatinan. "Asalkan ada kemauan dan restu dari orang tua," imbuhnya.

Disebutkan dia, Ghost Hunter Pekanbaru yang sekarang dipimpin Nirwanto, seorang pria asal Sumatera Utara, telah memiliki 40-an anggota. Menurut dia, komunitas terbuka bagi siapa saja. Tanpa memandang suku, agama dan kelompok manapun.

BACA JUGA : 

Air Molek Hip Hop, Wadah Pecinta Hip Hop di Indragiri Hulu

Rindu Masakan Hotel? Ini Menu yang Bisa Dipesan Dari Rumah

Prinsipnya, calon anggota yang ingin bergabung dapat mengirim pesan langsung ke akun Instagram Ghost Hunter Pekanbaru @ghosthunterpku_official . Anggota yang ingin bergabung diminta komitmennya untuk membesarkan komunitas dan tidak sombong. ‎

"Syaratnya cuma jangan sombong," katasnya, Rofiq mengemukakan, Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru didirikan untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang. Ia menegaskan Ghost Hunter Pekanbaru tidak untuk mencari uang.

Namun, anggota diperbolehkan membuat video atau siaran langsung untuk diunggah di akun media sosial masing-masing. 

Kakak Beradik Penasaran Hal Mistis

Ada dua wanita anggota Ghost Hunter Pekanbaru , mereka adalah Bela dan Selvi. Menariknya, mereka adalah kakak beradik. Mereka baru bergabung dengan GHP sekitar satu bulan belakangan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved