Ojek Online

Layanan GoRide dan GrabBike Ditiadakan Sementara Pada Masa PSBB di Pekanbaru, Ini Penjelasannya

Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang tertuang di dalam Perwako Pekanbaru No 74 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan PSBB

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Pengendara ojek online melintas di Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (13/4/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pihak Gojek menyatakan untuk meniadakan angkutan penumpang yang ada di fitur GoRide.

Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang tertuang di dalam Peraturan Walikota Pekanbaru nomor 74 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pekanbaru dalam penanggulangan wabah Virus Corona atau Covid-19 .

Chief Corporate Affairs Gojek Indonesia, Nila Marita mengatakan, pihaknya menghormati dan mematuhi keputusan Gubernur Riau terkait penerapan PSBB yang diberlakukan di Kota Pekanbaru mulai 17 April 2020.  

"Kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu, sejalan dengan penerapan PSBB tersebut, maka layanan transportasi roda dua kami, GoRide , untuk sementara tidak tersedia di Kota Pekanbaru selama penerapan PSBB pada 17 - 30 April 2020," kata Nila dalam siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com Jumat (17/4/2020) lalu.

BACA JUGA : 

Awalnya Iseng, Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru Kini Rutin Melakukan Ekspedisi ke Tempat Angker

PHRI Riau Minta Pemerintah Berikan Keringanan Pajak Untuk Hotel dan Restoran

Dikatakannya, untuk sementara, layanan GoCar dan GoBluebird yang merupakan layanan transportasi roda empat tetap tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang per unit kendaraan selama penerapan PSBB

"Kami juga mengingatkan agar penumpang GoCar dan GoBlueBird menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi," imbuhnya.

Pengendara ojek online melintas di Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (13/4/2020)
Pengendara ojek online sedang beristirahat di trotoar Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (13/4/2020) (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Menurut Nila, menjaga keamanan dan keselamatan mitra dan pengguna adalah prioritas utama. Karena itu, pihaknya terus menyediakan paket kesehatan termasuk masker dan hand sanitizer kepada ratusan ribu mitra driver di berbagai kota di Indonesia. 

"Kami juga melakukan sosialisasi secara intensif untuk memastikan mitra mematuhi panduan kesehatan dan keamanan bersama," ujarnya.

Sedangkan untuk layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend dan GoShop tetap beroperasi seperti biasa.

BACA JUGA : 

Solidaritas Cegah Covid-19, PFI Pusat Kirimkan Bantuan ke 17 Kota di Indonesia, Termasuk Pekanbaru

Cegah Covid-19, Angkasa Pura II Persingkat Jam Operasional Bandara SSK II dan 11 Bandara Lainnya

"Demi keamanan, masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery). Gojek siap menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Kota Pekanbaru selama periode PSBB," tuturnya. 

Sementara itu, hal yang sama juga dilakukan oleh aplikasi angkutan berbasis online, Grab pada layanan GrabBike . Disampaikan pihak Grab Pekanbaru. Bahwa layanan tersebut sementara ini dinonaktifkan.

City Lead Grab Pekanbaru, Ary Kurniawan mengatakan bahwa penonaktifan fitur GrabBike tersebut dilakukan selama PSBB di Pekanbaru.

"Layanan ini (GrabBike,red) sementara kita tiadakan selama PSBB, mengikuti arahan dari Pemerintah Kota Pekanbaru. Kalau ada perpanjangan nantinya, maka akan dilanjutkan sesuai dengan Peraturan Walikota Pekanbaru," katanya.

Dilanjutkan Ary, pihaknya juga sudah mensosialisasikan hal tersebut kepada masing-masing driver Mitra GrabBike di Pekanbaru, melalui notifikasi di aplikasi driver.

Pengendara ojek online melintas di Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (13/4/2020)
Pengendara ojek online melintas di Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (13/4/2020) (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat dan driver Mitra GrabBike Pekanbaru khususnya, agar mentaati dan sama-sama mendukung peraturan PSBB yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Kita juga mengajak driver Mitra GrabBike dan juga masyarakat untuk patuh terhadap protokol Covid-19 yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota Pekanbaru , untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 . Mari kita selalu jaga kebersihan dan kesehatan sesuai protocol Covid-19," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat dan juga driver Mitra GrabBike Pekanbaru, masih bisa tetap memanfaatkan layanan pemesanan makanan melalui fitur GrabFood.

"Bagi Mitra GrabBike dan masyarakat jangan khawatir, karena masih bisa menggunakan layanan GrabFood untuk layanan pesan makanan dan GrabExpress untuk layanan pengantar barang," tuturnya.

BACA JUGA : 

Grand Elite Hotel Hadirkan Paket Nginap Praktis

Jaga Kebersihan, Lawan Virus dan Bakteri Dengan High Pressure Cleaner

Bisnis Terus Menurun, APPBI Riau Imbau Anggotanya Agar Manfaatkan Penjualan Sistem Online

Nginap Dua Minggu di Grand Central Hotel Pekanbaru, Lebih Murah dan Cocok Untuk Physical Distancing

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved