Destinasi Wisata di Pelalawan

Motif Ombak Bono Hadir di Kain Tenun Pelalawan

Kain itu disebut Tenun Pelalawan dengan motif yang khas, yakni Ombak Bono . Hasil tenunan itu sepanjang 2,5 meter, cukup untuk bakal baju jika dijahit

Motif Ombak Bono Hadir di Kain Tenun Pelalawan
Dok Tribun Pekanbaru
Tenun Pelalawan dengan motif Ombak Bono 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PELALAWAN - Tujuh gelombang tampak semakin tinggi berurutan menggulung di atas air Sungai Kampar yang mengalir deras. Samar-samar tampak seorang peselancar memainkan papan surfingnya diikuti gulungan ombak dari belakang.

Pemandangan itulah yang tampak dalam selembar kain berwarna putih dengan seluruh motifnya berwarna biru.

Garis jingga pada bagian atas dan bawah sebagai pembatas memanjang lurus dari ujung kain yang satu ke ujung lainnya.

Kain itu disebut Tenun Pelalawan dengan motif yang khas, yakni Ombak Bono . Hasil tenunan itu sepanjang 2,5 meter, cukup untuk bakal baju jika dijahitkan.

"Membuat Ombak Bono yang cukup sulit, harus menyerupai seperti yang ada digambarnya," terang seorang penenun asal Pangkalan Kerinci, Rahmi (32), kepada Tribunpekanbarutravel.com beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : 

Lakukan Aksi Nyata, Solidarity Squad Forever Hadir Untuk Mereka yang Butuh Uluran Tangan

Berwisata Sambil Belajar Sejarah Kerajaan di Istana Sayap Pelalawan

Rahmi menyebutkan motif Ombak Bono pada Tenun Pelalawan diperkenalkan kepada dia beserta sembilan rekannya yang lain saat mengikuti pelatihan pertengahan Desember 2019 lalu.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) mengadakan pelatihan bagi 10 penenun, empat orang dari Pangkalan Kerinci dan enam orang dari Kecamatan Pelalawan.

Tujuannya untuk mengangkat kembali motif khas dari Pelalawan dengan mengusung objek wisata Ombak Bono yang sudah mendunia. 

"Ini memang motif baru, tapi karena membawakan khas daerah kita jadi langsung tertarik mengerjakannya," tambah ibu tiga anak ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved