Dampak Virus Corona di Riau

Seluruh Penerbangan Komersil Dihentikan Sementara, Ini Tanggapan Asita Riau

Asita Riau siap memberikan dukungan walaupun sejauh ini usaha travel keberadaannya saat ini cukup sulit

Seluruh Penerbangan Komersil Dihentikan Sementara, Ini Tanggapan Asita Riau
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Suasana Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru beberapa waktu lalu. Mulai hari Jumat 24 April 2020, seluruh pesawat komersil dilarang angkut penumpang hingga 1 Juni 2020 mendatang. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah menyampaikan dukungannya terhadap langkah pemerintah yang menghentikan seluruh penerbangan pesawat komersil dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 .

Menurut Dede, pihaknya tidak mempersoalkan kebijakan tersebut walaupun hal itu sangat berpengaruh terhadap sektor usaha pariwisata yang ada di Provinsi Riau .

"Ini merupakan keputusan yang bagus, karena Covid-19 ini tak jelas kapan berhentinya. Maka harus diambil langkah konkret agar bisa menghentikan penularan Virus Corona ini. Walau kebijakan ini pahit bagi pengusaha travel dan sektor pariwisata," kata Dede, Kamis (24/4/2020).

BACA JUGA : 

Tahun Ini Kota Pekanbaru Tiadakan Pasar Ramadan

Penukaran Uang Kecil Tetap Bisa Dilakukan, Jadwalnya Dimulai 1 Ramadan

Dilanjutkannya, memang langkah ini harus diambil, dan Riau'>Asita Riau siap memberikan dukungan kepada pemerintah, walaupun sejauh ini usaha travel keberadaannya saat ini cukup sulit, bahkan sudah ada yang beralih bisnis untuk menyambung perekonomian.

"Kita akui travel agen bisa dikatakan nol pendapatan, bahkan sudah ada yang beralih ke bisnis lain. Tapi pemerintah harus terus menekan angka penularan ini. Kita jangan sampai seperti ada negara lain yang melalaikan, kemudian saat ini sudah tidak terkendali lagi, jangan sampai kita seperti itu," kata Dede.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia mengambil langkah tegas sebagai tindak lanjut larangan mudik saat lebaran.

Mulai hari Jumat 24 April 2020, seluruh pesawat komersil sementara dilarang angkut penumpang hingga 1 Juni 2020 mendatang.

BACA JUGA : 

Cegah Penyebaran Covid-19, Spiderman dan Superman Bagikan Masker Serta Pamflet di Pasar Agus Salim

Lakukan Aksi Nyata, Solidarity Squad Forever Hadir Untuk Mereka yang Butuh Uluran Tangan

Bukan hanya pesawat komersil, seluruh moda transportasi umum darat juga dilarang beroperasi, aturan ini diberlakukan tidak hanya di wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saja.

Akan tetapi, aturan tersebut dikecualikan bagi pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu/wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

Begitu juga untuk operasional penerbangan khusus repatriasi pemulangan WNI maupun WNA serta operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

Kemudian, untuk operasional angkutan kargo yang dianggap penting dan esensial serta pesawat konfigurasi penumpang yang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang khusus untuk pengangkutan kebutuhan kesehatan, medis, sanitasi serta pangan dan operasional lainnya dengan seizin dari menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 .

BACA JUGA : 

Beli Handphone di Erafone Living World, Langsung Diantar ke Rumah

Awalnya Iseng, Komunitas Ghost Hunter Pekanbaru Kini Rutin Melakukan Ekspedisi ke Tempat Angker

Layanan GoRide dan GrabBike Ditiadakan Sementara Pada Masa PSBB di Pekanbaru, Ini Penjelasannya

Mal SKA Pekanbaru Buka Terbatas Sampai 1 Mei Mendatang

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved