Dampak Virus Corona di Riau

Tidak Sesuai Rencana, Tol Pekanbaru-Dumai Belum Bisa Dilewati Pemudik, Ini Penyebabnya

Saat ini ada beberapa pekerjaan minor yang masih belum selesai di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tidak Sesuai Rencana, Tol Pekanbaru-Dumai Belum Bisa Dilewati Pemudik, Ini Penyebabnya
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 kilometer yang dijadwalkan sudah bisa digunakan untuk mudik tahun ini diperkirakan belum bisa dioperasionalkan.

Selain progres pembangunan fisik yang belum selesai 100 persen, belum dioperasikanya Tol Pekanbaru-Dumai ini juga karena adanya larangan mudik akibat wabah Virus Corona atau Coronavirus disease 2019 ( Covid-19 ) .

Hal ini disampaikan Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan, Rabu (6/5/2020). Menurutnya, pihaknya masih diberikan kesempatan untuk menyempurnakan pekerjaan sampai betul-betul sempurna menjelang tol dioperasikan.

BACA JUGA :

Tetap Optimis, Pengrajin Alat Musik ini Justru Tingkatkan Produksi di Tengah Pandemi Covid-19

Isi BBM, Sopir Angkot Bisa Dapatkan Cashback 50 Persen Setiap Hari dari Pertamina

Dia menambahkan, saat ini ada beberapa pekerjaan minor yang masih belum selesai. Jika merujuk pada durasi kerja untuk penyempurnaan ini, diperkirakan Tol Permai bisa dibuka pada akhir Juni 2020 mendatang.

Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru - Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu
Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

“Secara fisik masih ada yang perlu disiapkan untuk benar-benar bisa dilalui. Tapi dengan adanya arahan pemerintah untuk tidak mudik, maka Tol Permai berkemungkinan tidak dibuka. Namun itu masih menunggu arahan dari Kementerian PUPR,” kataya.

Meski demikian, Fauzan menyampaikan, bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, pihak HK diperbolehkan untuk mengoperasikan seksi 1 dengan panjang 9,5 kilometer.

“Sedangkan yang lain masih menunggu uji laik sehingga memang belum bisa kami fungsionalkan. Kami dari HK juga mendukung kebijakan pemerintah agar tidak mudik pada Lebaran Idul Fitri tahun ini, dalam rangka menekan penyebaran wabah Covid-19,” katanya.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dalam tahap pembangunan beberapa waktu lalu.
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dalam tahap pembangunan beberapa waktu lalu. (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Pembangunan Tol Permai merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT Hakaaston (HKA) selaku penyedia aspal.

Sebelumnya, Tol Permai Seksi 1 (Pekanbaru – Minas) telah dibuka secara fungsional pada musim mudik natal dan tahun baru (Nataru) 2019 silam, dengan volume kendaraan mencapai 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved