BBKSDA Riau

Gerombolan Gajah Liar Rusak Rumah Warga dan 100 Batang Sawit di Kabupaten Bengkalis

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau dari Pusat Latihan Gajah Sebangga telah turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

Gerombolan Gajah Liar Rusak Rumah Warga dan 100 Batang Sawit di Kabupaten Bengkalis
Dok Balai Besar KSDA Riau
Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau melakukan pengecekan terhadap rumah warga yang dirusak gajah liar di Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis , Rabu (13/5/2020). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Gerombolan gajah liar merusak satu rumah warga di Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis , Rabu (13/5/2020).

Disampaikan Kepala Bidang KSDA Wil 2, Heru Sutmantoro, Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau dari Pusat Latihan Gajah Sebangga telah turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

“Pukul 14. 30 Wib. Tim tiba di lokasi, rumah Pak Ino yang dirusak gajah liar, dan kita bertemu dengan Pak Nyoto, warga setempat. Menurut pak Nyoto rumah ini kosong karena pak Ino sedang sakit di kampong,” kata Heru.

Selanjutnya tim melihat pondok ladang milik warga lain yang bernama Adi yang juga di rusak gajah,

BACA JUGA :

Seekor Bayi Kukang Diserahkan ke BBKSDA Riau, Ditemukan Saat Membuka Perkebunan di Perbatasan

Seribu Hektare Lebih Lahan di Riau Sudah Terbakar Sejak Awal 2020, Waspada Musim Kemarau

“Menurut keterangan warga, gajah sudah tujuh hari berada di desa ini, jumlah rombongan gajah sekitar 15 ekor dan posisi gajah mengarah ke Km 75,” ujar Heru.

Dijelaskannya,dari hasil pengecekan tersebut terdapat beberapa kerusakan fisik, yaitu 1 rumah kayu rusak sedang, dan 1 pondok jaga kebun rusak ringan.

“Tanaman yang mengalami kerusakan sawit perkiraan 100 batang umur 5 tahun, kelapa  30 batang umur 3 tahun, tanaman nenas, nangka,” katanya.

Kejadian tersebut berlangsung pada malam hari saat hujan deras, kondisi rumah dan pondok sedang kosong.

“Gajah liar tersebut termasuk kelompok kantong gajah Giam Siak kecil. Saat ini gajah sudah keluar dari kebun dan menuju ke areal hutan tanaman industri Km 75,” jelas Heru.

BACA JUGA :

Buaya yang Terkam Nelayan di Perairan Teluk Lanus Ditangkap dan Dibunuh, Ini Tanggapan BBKSDA Riau

Tim Rescue BBKSDA Riau Berhasil Selamatkan Anak Beruang Dari Jeratan di Kecamatan Batang Gangsal

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved