PSBB di Pekanbaru

Karang Taruna Rejosari Akan Garap Peluang Budidaya Ikan, Dukung Ketahanan Pangan di Saat Pandemi

Produksi ikan air tawar dan sayur mayur dalam Kota Pekanbaru sangat kurang. Untuk memenuhinya, para pedagang harus mendatangkan dari provinsi tetangga

Karang Taruna Rejosari Akan Garap Peluang Budidaya Ikan, Dukung Ketahanan Pangan di Saat Pandemi
Istimewa
Ketua Karang Taruna Rejosari, Widde Munadir Rosa (kiri) bersama Camat Tenayan Raya Indah Widia Astuti (kanan) memperlihatkan jaring ikan di kawasan kolam ikan air tawar Karang Taruna Rejosari di jalan Perkasa V RT 05 RW 11 Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (18/5/2020). Jaring ikan tersebut merupakan bantuan dari Camat Tenayan Raya dan Lurah Bambu Kuning. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tinggginya konsumsi ikan air tawar khususnya Ikan Gurami, Nila dan Lele beserta sayur mayur untuk kebutuhan protein dan pangan masyarakat Kota Pekanbaru saat ini tidak mencukupi kuota pasar tradisional.

Hal ini disebabkan produksi ikan air tawar dan sayur mayur dalam Kota Pekanbaru sangat kurang. Untuk memenuhinya, para pedagang harus mendatangkan dari provinsi tetangga seperti Provinsi Sumatra Barat.

Ketua Karang Taruna Rejosari, Widde Munadir Rosa mengatakan, melihat adanya peluang usaha dalam rangka memenuhi kuota ikan air tawar di Kota Pekanbaru yang selama ini didatangkan dari Provinsi tetangga,

pihaknya berencana memulai budidaya ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di jalan Perkasa V RT 05 RW 11 Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. 

BACA JUGA : 

Tol Pekanbaru Dumai Seksi I Akan Dibuka H-7 Hingga H+7 Lebaran, Bisa Dilintasi Secara Gratis

Di Tengah Pandemi, KSU Rejosari Berikan 3,1 Ton Beras dan Keringanan Angsuran Pinjaman 50 Persen

Sejak penetapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar ( PSBB ) di Kota Pekanbaru telah membuat kebutuhan masyarakat terutama ikan air tawar terkendala pasokan.

Selain menjadi peluang usaha di tubuh Karang Taruna Rejosari, usaha ini bisa meningkatkan motivasi dan kerjasama diantara anggota kelompok dalam rangka pengelolaan dan pengembangan usaha peternakan pembudidayaan ikan air tawar dan sayur mayur yang akan dilakukan.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para anggota kelompok perternak dan meminimalisisr penganguran.

BACA JUGA :

White Car Indonesia Regional Riau Berikan APD ke Rumah Sakit, PFI Pekanbaru dan Petugas Pemakaman

Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Membuat dan Membagikan Hand Santizer ke Warga Sekitar Kampus

"Salah satu kendala yang sedang dialami oleh kelompok adalah kurangnya ketersediaan modal, pakan ikan, dan fasilitas sederhana yang cenderung memakai alat manual, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved