Foto Tribun Pekanbaru Travel

FOTO : Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, Shalat Id di Rumah Hingga Silaturahmi Secara Virtual

Hari raya pada tahun ini berbeda dari sebelumnya karena dirayakan di tengah keprihatinan akibat wabah Virus Corona atau Covid-19.

FOTO : Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, Shalat Id di Rumah Hingga Silaturahmi Secara Virtual - idul-fitri-1441-h2.jpg
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Seorang anak bermain kembang api pada malam penghujung Bulan Ramadan di halaman rumahnya, Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir Pekanbaru, Sabtu (23/5/2020)
FOTO : Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, Shalat Id di Rumah Hingga Silaturahmi Secara Virtual - idul-fitri-1441h3.jpg
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Seorang anak bermain kembang api pada malam penghujung Bulan Ramadan di halaman rumahnya, Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir Pekanbaru, Sabtu (23/5/2020)
FOTO : Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, Shalat Id di Rumah Hingga Silaturahmi Secara Virtual - idul-fitri-1441h-1.jpg
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Warga bermain kembang api pada malam penghujung Bulan Ramadan di halaman rumahnya, Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir Pekanbaru, Sabtu (23/5/2020)
FOTO : Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, Shalat Id di Rumah Hingga Silaturahmi Secara Virtual - idul-fitri-1441h5.jpg
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Seorang kepala keluarga menyampaikan khutbah usai sholat Idul Fitri di dalam rumah di Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Minggu (24/5/2020).

TRIBUNEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Hari Raya Idul Fitri 1441 H berbeda dari sebelumnya karena dirayakan di tengah keprihatinan akibat wabah Virus Corona atau Covid-19 .

Banyak warga tidak bisa menjalankan sholat Idul Fitri berjamaah di masjid-masjid ataupun di lapangan terbuka agar tidak menciptakan kerumunan untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 .

Akibatnya sejumlah warga berinisiatif untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing yang diikuti oleh anggota keluarga.

Warga melaksanakan sholat Idul Fitri di dalam rumah di Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Minggu (24/5/2020).
Warga melaksanakan sholat Idul Fitri di dalam rumah di Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Minggu (24/5/2020). (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Seperti yang dilakukan oleh keluarga Muzwir yang tinggal di Jalan Harapan, Kec Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Minggu (24/5/2020). 

Ia sengaja melaksanakan Sholat Id berjamaah bersama keluarga di rumahnya sebagai bagian dalam usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat serta mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar .

Warga melakukan video call saat hari pertama Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/5/2020)
Warga melakukan video call saat hari pertama Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/5/2020) (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

"Saat ini memang kita menghindari tempat-tempat yang ramai, ibadah Sholat Id kita laksanakan dengan keluarga di rumah saja, semoga wabah ini cepat berlalu sehingga kita bisa hidup dengan normal kembali," ujar kakek yang mempunyai delapan cucu tersebut.

Selain Sholat Id di rumah, ia dan keluarganya juga menghindari berpergian ke tempat-tempat jauh untuk mengunjung sanak keluarga, silaturahmi pada lebaran kali ini dilakukan secara online dengan smartphone.

Begitu juga saat malam, sebelum masuknya Idul Fitri yang tidak diisi dengan berjalan-jalan ke luar atau mengikuti pawai takbiran.

namun diisi dengan bermain kembang api yang dilakukan cucu-cunya di halaman rumah untuk memeriahkan penghunjung Bulan Ramadan.

Jika Terjadi Lonjakan Pengunjung, Protokol Masuk Mal Akan Diperketat

Cerita Fotografer yang Bertahan Saat Pandemi, Sepi Orderan Hingga Menerapkan SOP Pencegahan Covid-19

Cegah Karhutla di Riau, KLHK Lakukan Rekayasa Hujan Untuk Basahi Gambut

Ekaputra Meatshop Pekanbaru Sediakan Daging Berkualitas Tinggi, Paling Premium Wagyu Asal Jepang

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved