BBKSDA Riau

Dua Beruang Madu yang Sempat Resahkan Warga Bukit Timah Dumai Berhasil Dievakuasi  

Ternyata satwa liar itu berjumlah dua ekor, yaitu induk yang ukurannya cukup besar dan anaknya, sehingga membuat tim cukup kewalahan

Tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Seekor beruang madu di kandang transit Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Pekanbaru, belum lama ini. Beruang betina tersebut awalnya ditemukan di hutan dengan kaki depan kanannya terjerat. Namun sayang, kaki beruang tersebut akhirnya putus. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Dua Beruang Madu (Helarctos Malayanus) yang sering masuk ke pemukiman di Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan , Kota Dumai berhasil dievakuasi, Rabu (3/6/2020) dini hari.

Disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau , Suharyono , sebelumnya, pihaknya menerima laporan bahwa ada seekor Beruang Madu yang berkeliaran di pekarangan warga.

Diketahui bahwa satwa beruang tersebut sebelumnya telah terpantau di kebun masyarakat sekitar Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai .

Namun keberadaannya untuk kali ini dilaporkan cukup meresahkan warga sekitar.

Tim Resort Dumai segera diturunkan ke lokasi yang berdekatan dengan kawasan konservasi TWA Sungai Dumai tersebut.

Tim berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan kelompok pecinta alam Dumai untuk melakukan upaya penggiringan kembali ke habitatnya.

Namun ternyata satwa liar itu berjumlah dua ekor, yaitu induk yang ukurannya cukup besar dan anaknya, sehingga membuat tim cukup kewalahan untuk melakukan penggiringan.

Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau yang terdiri dari dokter hewan,  paramedis, tim pembius dan beberapa anggota WRU yang telah bergabung akhirnya memutuskan untuk melakukan evakuasi dengan  pembiusan.

“Pembiusan pertama berhasil dilakukan terhadap anak beruang yang karena kepanikannya sempat menaiki pohon kelapa. Dengan berbagai cara tim berhasil membujuknya turun dan kemudian melakukan pembiusan terhadap anak Beruang tersebut.” kata Suharyono.

Dua ekor Beruang Madu memasuki pemukiman warga di Kelurahan Bukit Timah , Kecamatan Dumai Selatan , Kota Dumai, Senin (1/6/2020).
Dua ekor Beruang Madu memasuki pemukiman warga di Kelurahan Bukit Timah , Kecamatan Dumai Selatan , Kota Dumai, Senin (1/6/2020). (Istimewa)

Dilanjutkannya, pembiusan anak beruang ternyata berhasil membuat induk beruang keluar dari persembunyiannya dan kemudian tanpa menunggu waktu lagi, tim segera melakukan pembiusan induk beruang walaupun cukup mengalami kesulitan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved