Video Tribun Pekanbaru Travel

VIDEO : Wisata Berkuda di Savana Stable Pekanbaru, Tawarkan Terapi Khusus Untuk Anak Autis

Seiring waktu, Savana Stable berkembang menjadi tempat wisata berkuda dan sekolah berkuda untuk calon-calon atlet berkuda di Kota Pekanbaru.

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Berbagai tempat wisata outdoor kini mulai banyak di Provinsi Riau , khususnya di Kota Pekanbaru , yang terbaru adalah wisata berkuda di Pekanbaru bernama Savana Stable .

Bertempat di Jalan Rajawali Sakti No 23 , Kecamatan Tampan . lokasinya tak jauh dari pusat Kota Pekanbaru , hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Jalan Sudirman

Diceritakan founder Savana Stable , Gilang Nugroho, tempat berkuda yang baru berjalan selama empat bulan terakhir ini mulanya ditujukan untuk therapeutic riding atau terapi berkuda ,

“Awalnya sebenarnya kita mau bikin therapeutic riding untuk anak berkebutuhan khusus atau anak autis, karena anak autis itu punya sifat yang hiperaktif, sehingga untuk menyalurkan energi, anak-anak autis lebih baik dengan berkuda,” katanya kepada Tribunpekanbarutravel.com , belum lama ini.

Menurutnya, selain itu anak autis juga bisa mendapatkan emosi positif dari rasa senang, serta melatih kemampuan sosial anak, baik dengan instruktur maupun dengan kuda yang ditunggangi,

Sejumlah anak tengah menunggang kuda di Savana Stable , Kamis (20/2/2020). Tempat yang telah berdiri sejak empat bulan terakhir tersebut menjadi salah satu tempat wisata berkuda di Kota Pekanbaru
Sejumlah anak tengah menunggang kuda di Savana Stable , Kamis (20/2/2020). Tempat yang telah berdiri sejak empat bulan terakhir tersebut menjadi salah satu tempat wisata berkuda di Kota Pekanbaru (Tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

“kita kasi paket lengkap berkuda untuk anak autis, paket lengkap itu dalam artian merawat kuda juga, memberi makan kuda, ikut memandikan kuda, sehingga mereka lebih belajar bertanggung jawab dan percaya sama kudanya,” tambah Gilang.

Ketika anak sudah kecanduan kuda, barulah instruktur memberi syarat untuk bisa menunggangi kuda,

“misalnya sebelum berkuda, ia harus nyebutkan nama kami satu persatu atau nama kudanya. Dari situ ia bisa belajar mengingat dan bisa fokus,” katanya lagi.

Seiring waktu, Savana Stable berkembang menjadi tempat wisata berkuda dan sekolah berkuda untuk calon-calon atlet berkuda di Kota Pekanbaru.

 “Paket riding school Rp 1,2 juta, untuk delapan kali pertemuan dengan waktu 40 menit tiap pertemuan. Paket itu harus habis dalam jangka waktu satu bulan, tujuannya agar mereka benar-benar belajar.

Sejumlah anak tengah menunggang kuda di Savana Stable , Kamis (20/2/2020). Tempat yang telah berdiri sejak empat bulan terakhir tersebut menjadi salah satu tempat wisata berkuda di Kota Pekanbaru
Sejumlah anak tengah menunggang kuda di Savana Stable , Kamis (20/2/2020). Tempat yang telah berdiri sejak empat bulan terakhir tersebut menjadi salah satu tempat wisata berkuda di Kota Pekanbaru (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Ada juga yang menitipkan kudanya disini, kita berikan paket perawatan dan pelatihan, pemilik kuda bebas menggunakan kudanya kapan saja,” jelas Gilang.

Savana Stable mempunyai luas satu hektare dengan delapan ekor kuda yang bisa dipakai untuk berlatih dan berkompetisi.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba menungangi kuda, pengunjung bisa memilih sejumlah paket dengan harga yang berbeda-beda.

Tempat itu buka setiap hari dari jam 07.00-10.00 WIB,  jam 16.00-18.00 dan dilanjutkan kembali pada malam hari jam 20.00-22.00 WIB.

Tidak perlu khawatir untuk berkuda di malam hari, karena arena berkuda dilengkapi dengan penerangan yang cukup.

VIDEO : Evakuasi Ular Piton Sepanjang Lima Meter di Kecamatan Tampan Pekanbaru

VIDEO : Kolam Renang Melur Pekanbaru Tawarkan Suasana Asri dan Nyaman Seperti di Rumah Sendiri

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved