Dampak Virus Corona di Riau

Pemprov Riau Belum Bisa Pastikan Penyelenggaraan Festival Bakar Tongkang di Rohil

Dinas Pariwisata Provinsi Riau hingga saat masih belum mendapat kepastian terkait penyelenggaraan event tahunan masyarakat tionghoa tersebut.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Ritual bakar tongkang berlangsung di Bagansiapiapi beberapa waktu lalu. Ritual tersebut merupakan tradisi unik bagi masyarakat Tionghoa disana dan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan manca negara 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Penyelanggaran event pariwisata tahunan Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir belum bisa dipastikan apakah akan digelar tahun ini atau ditiadakan.

Dinas Pariwisata Provinsi Riau hingga saat masih belum mendapat kepastian terkait penyelenggaraan event tahunan masyarakat tionghoa tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum mendapat konfirmasi dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, apakah acara tahunan tersebut tetap digelar atau ditunda mengingat pandemi Covid-19 .

"Belum, mereka (Pemda Rokan Hilir,red) belum ada lapor ke kita. Kalaupun mereka ingin tetap menyelenggarakan, mereka tetap harus ke Polda Riau , karena sesuai peraturan, izin keramaian ada di Kapolda," katanya, Senin (8/6/2020).

BACA JUGA :

Masuki Masa New Normal, Hotel Amaris Pekanbaru Kembali Beroperasi

Tawarkan Berbagai Pilihan Paket Makanan, Grand Elite Hotel Hadirkan Dapoer Kampoeng New Normal

Hal serupa disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Indra Yovi. Pihaknya mengungkapkan, penyelenggaraan festival Bakar Tongkang di masa pandemi covid-19 merupakan hal yang rumit.

Sebab, dalam pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, event tersebut mengumpulkan puluhan ribu orang.

"Bakar tongkang ini memang agak rumit karena ini event yang mengumpulkan ribuan orang, dan dalam event itu orang berebutan untuk memikul tongkang sebelum dibakar," katanya.

BACA JUGA :

Kebun Binatang Kasang Kulim Kembali Beroperasi Setelah Hampir Tiga Bulan Tutup

Ace Hardware Gelar Promo Get Ready For The New Normal, Diskon Untuk APD dan Alat Olahraga

Sementara pada masa pandemi Covid-19 saat ini, bila festival tersebut digelar dengan tidak menerapkan protokol kesehatan, maka akan berpotensi menyumbang klaster baru Covid-19 .

"Ini memang harus dipikirkan, bagaimana event itu bisa berlangsung tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak ada jaminan menerapkan protokol kesehatan,

saya pribadi, bukan atas nama pemerintah provinsi, berpikir lebih baik itu tidak usah dilakukan. Kita tidak mau setelah penyelenggaraan event itu, ada lagi klaster Bakar Tongkang ," ujarnya. 

Gramedia Promo Produk IT, Diskon Up To 25 Persen, Flashdisk 16 GB Data Traveler Hanya Rp 59 ribu

BBKSDA Riau Lepasliarkan 138 Belangkas yang Diamankan Ditreskrimsus Polda Riau

Pasca Dikunjungi Pasien Covid, Sungai Hijau Ditutup Sementara, Pengelola Akan Jalani Rapid Test

FOTO : Pernikahan Pasangan Pengantin di Tengah Pandemi Covid-19 di Pekanbaru

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved