Kota Pekanbaru

Cegah Penularan, Distakan Pekanbaru Gelar Penyuntikan Vaksin Anti Rabies Massal di Rumbai Pesisir

Biasanya warga cukup kooperatif membawa hewan kesayangannya untuk disuntik vaksin anti rabies , namun ada juga yang takut.

tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
drh Mhd Syarif melakukan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap kucing peliharaan warga di RW 2 Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru, Jumat (12/6/2020) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Dengan berjalan kaki, dua dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru , drh Rita Setiawati MM dan drh Mhd Syarif didampingi Ketua RT dan RW setempat menelusuri jalan-jalan setapak di RW 2 Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru.

Mereka mencari hewan-hewan peliharaan dan liar untuk melakukan penyuntikan vaksin anti rabies secara massal, Jumat (12/6/2020).

Disampaikan drh Rita Setiawati MM, program vaksinasi ini dilakukan setiap tahun secara berkala.

“Kita keliling dari satu RW ke RW yang lain, kebetulan hari ini di RW 2, Kelurahan Lembah Sari untuk melakukan vaksinasi rabies untuk hewan penular rabies, yaitu anjing, kucing dan kera,” kata Rita kepada Tribunpekanbarutravel.com .

Menurutnya, kegiatan tersebut dimulai pada Bulan Maret lalu. Namun karena ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka agenda itu ditunda sementara.

BACA JUGA :

Menikmati Sajian Kuliner Khas Timur Tengah di Restoran The Food Opera Pekanbaru

Hilangkan Lelah Dimana Saja dengan Kursi Pijat Shiatsu 3D, Saat ini Diberikan Diskon di Ace Hardware

“Sebelumnya pada Bulan Maret kita laksanakan di Kelurahan Lembah Damai, berhubung kemarin ada PSBB jadi kita tunda dulu untuk di Lembah Sari.

Sekarang mulai kembali, kita sudah laksanakan sejak dua hari yang lalu, hari Rabu dan Kamis, ini kita lanjutkan kembali di hari Jumat di RW 2,” ujar Rita. 

Dijelaskannya, biasanya warga cukup kooperatif membawa hewan kesayangannya untuk disuntik vaksin anti rabies , namun ada juga yang takut.

“Kendalanya tergantung antusiasme masyarakat, ada yang benar-benar memperhatikan hewannya dengan mau membawa hewannya untuk disuntik, ada juga yang takut menyuntikkan hewannya karena takut mati dan sebagainya,” katanya.

BACA JUGA :

VIDEO : Nikmatnya Kopi Aren di Kodai Kopi Bakayu Pekanbaru, Pecinta Kopi Wajib Coba

Gubri Syamsuar Usulkan Hutan Kota Pekanbaru Jadi Hutan Indonesia

Padahal, menurut Rita, selain penting untuk menjaga kesehatan hewan, penyuntikan vaksin pada hewan peliharaan tersebut akan memberikan perlindungan bagi manusia dari dampak gigitan hewan yang terinveksi rabies.

Rita berharap agar masyarakat dapat secara sadar untuk rutin memberikan vaksin anti rabies terhadap hewan peliharaannya agar lingkungannya tetap terjaga dari penularan rabies.

“Target kita 70 persen hewan dikawasan ini kita vaksinasi, bila ada masyarakat yang ingin melakukan vakninasi hewannya tapi belum sempat menemui kita, silahkan datang ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, kalau di kantor kita terbuka lebar.

Bisa juga datang ke Pusat Kesehatan Hewan yang ada di Rumbai atau di Tenayan atau silahkan tunggu jadwal vaksinasi massal, vaksin anti rabies ini gratis,” katanya.

Kebun Binatang Kasang Kulim Kembali Beroperasi Setelah Hampir Tiga Bulan Tutup

BBKSDA Riau Lepasliarkan 138 Belangkas yang Diamankan Ditreskrimsus Polda Riau

Ace Hardware Gelar Promo Get Ready For The New Normal, Diskon Untuk APD dan Alat Olahraga

VIDEO : Wisata Berkuda di Savana Stable Pekanbaru, Tawarkan Terapi Khusus Untuk Anak Autis

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved