Dosen Unilak Dampingi Pemasaran Produk UMKM Wajik Tapai Melayu Untuk Menembus Pasar Ekspor

Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti ketidak tahuan dalam prosedur ekspor suatu produk.

Istimewa
Akademisi dari Universitas Lancang Kuning melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM Puspa Melayu di Kabupaten Kampar yang kini memproduksi Wajik Tapai Melayu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Untuk dapat menembus pasar ekspor merupakan keinginan setiap pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti ketidak tahuan dalam prosedur ekspor suatu produk.

Oleh karena itu perlu peran akademisi untuk mendampingi pelaku UMKM , hal inilah yang dilakukan oleh akademisi Universitas Lancang Kuning yang berasal dari dua fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Budaya.

Kegiatan ini dilakukan pada pemilik UMKM Puspa Melayu yaitu Dra Puspa Zaitun yang berlokasi di Kabupaten Kampar yang kini memproduksi Wajik Tapai Melayu .

Kegiatan tersebut diketuai oleh Sri Maryanti SE,MSi dan beranggotakan Nining Sudiar M.IP, Afred Suci SE,MM dan Hardi SE,MM yang merupakan pemenang dana hibah Dikti dengan Skim Program Produk Unggulan Daerah (PPPUD)  sejak tahun 2019 hingga 2021.

Untuk kegiatan pendampingan ini Tim PPPUD Unilak membagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan sejak awal Januari 2019 hingga Desember 2019 terkait penyelesaian permasalahan proses produk yang dihadapi oleh  UMKM Wajik Tapai Melayu .

Diantaranya dengan mendatangkan pakar di bidang pangan yaitu Prof DR Usman Pato merupakan Guru Besar Universitas Riau .

Tahap kedua dilakukan awal Januari 2020 hingga Desember 2020, target pada tahap kedua ini adalah mendampingi UMKM Wajik Tapai Melayu untuk menembus pasar ekspor,

seperti pengurusan dokumen ekspor dan mempersiapkan kemasan dan paten produk untuk Wajik Tapai Melayu.

Dari kegiatan ini diharapkan bahwa produk Wajik Tapai Melayu yang merupakan produk unggulan daerah Riau mampu menembus pasar ekspor sehingga produk pangan dari Riau mampu membanjiri pasar dunia .

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved