Video Tribun Pekanbaru Travel

VIDEO : Gelombang Bono di Sungai Kampar, Fenomena Alam yang Selalu Ditunggu Penggemar Surfing

Di Bali, film Gelombang Bono ini setiap malamnya ditayangkan di cafe-cafe, untuk menarik wisatawan datang ke Teluk Meranti bermain selancar.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PELALAWAN - Ombak Bono yang ada di Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam yang unik di Provinsi Riau , khususnya di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Bono merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat Teluk Meranti , Pelalawan kepada gelombang yang yang terkategori tidal bore.

Yaitu fenomena hidrodinamika yang terkait dengan pergerakan massa air, gelombang pasang menjalar menuju ke hulu dengan kekuatan yang bersifat merusak.

Di Bali, film Gelombang Bono ini setiap malamnya ditayangkan di cafe-cafe, untuk menarik wisatawan datang ke Teluk Meranti bermain selancar.

BACA JUGA :

FOTO : Situs Cagar Budaya Rumah Singgah Tuan Kadi, Tempat Beristirahatnya Sultan Siak di Senapelan

Tidak Sampai Rp 10 Juta, Sudah Bisa Gelar Pernikahan di Grand Zuri Hotel Pekanbaru

Penjelasan itu disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris, pada acara Berkudo Bono beberapa waktu lalu.

Pada masa lalu, di Riau, Gelombang Bono menjadi terkenal karena telah cukup banyak memakan korban jiwa dan merusakkan kapal-kapal yang sedang melintasi Bono saat harus berpapasan tanpa mampu menghindarinya.

Selama itu, cerita-cerita yang berkembang di masyarakat menggambarkan Bono hanya sebagai fenomena alam yang mengerikan dan menakutkan.

Biasanya, tanggal 1 Muharram merupakan Bono terbesar yang terjadi. Ketinggiannya pada satu hari bulan ini bisa mencapai enam meter.

Tak tanggung-tanggung derasnya air itu, semua material apakah sampah, pohon kayu, maupun pasir-pasir yang ada akan habis disapunya menghalau ke hulu.

Peselancar asing tengah menjajal ombak bono di Sungai Kampar , Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu.
Peselancar asing tengah menjajal ombak bono di Sungai Kampar , Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu. (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved