Tol Pekanbaru Dumai

Tinggal Menunggu Hasil Uji Laik Fungsi, Tol Pekanbaru-Dumai Ditargetkan Beroperasi Juli Mendatang

Rencana pengoperasian Tol Pekanbaru-Dumai hanya tinggal menunggu hasil Uji Laik Fungsi dari Kementrian PUPR

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru - Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer ditargetkan akan dioperasikan pada pertengahan Juli 2020 mendatang.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Cabang Operasional Tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana, Minggu (28/6/2020).

Rencana pengoperasian Tol Pekanbaru-Dumai hanya tinggal menunggu hasil Uji Laik Fungsi (ULF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ).

"Kita masih menunggu hasil ULF sambil melakukan penyempurkan di Kilometer 78, seksi IV. Target kita pertengahan Juli sudah bisa dioperasikan," kata Indrayana.

BACA JUGA :

Kisah Pendiri Rumah Kue Viera, Awalnya Menitipkan Kue ke Warung Hingga Ajak Karyawan ke Luar Negeri

Nasi Goreng Si Nasi Sediakan Banyak Pilihan Topping, Paling Laris Nasi Teri Sambal Balado

Indrayana mengungkapkan, proses uji laik fungsi sudah dilakukan oleh tim dari Kementrian PUPR dua pekan lalu. Namun karena masih ada catatan di seksi IV untuk dilakukan penyempurnaan pihaknya masih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

"Ada yang masih belum diaspal, dan dibeberapa titik ada rambu yang belum dipasang, tapi tinggal itu aja yang belum lagi, kalau yang sudah selesai semua. Kebetulan waktu tim ULF turun itu memang belum selesai.

Makanya itu jadi catatan untuk segera disempurnakan, sekarang sedang digesa penyempurnaan," ujarnya.

Sementara saat disinggung apakah nanti setelah dioperasikan langsung ditetapkan tarifnya dan langsung berbayar, Indrayana memprediksi untuk awal pembukaan Tol Pekanbaru-Dumai akan digratiskan.

BACA JUGA :

Warung Koffie Batavia Mal Pekanbaru Hadirkan Promo Buy 1 Get 1 Free

Mengintip Pembangunan Restoran Terapung di Sungai Siak, Ini Rencana dan Harapan Pemiliknya

Namun berapa lama waktunya, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementrian PUPR.

"Kalau perkiraan saya untuk awal operasional itu digratiskan," katanya.

Seperti diketahui, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal.

"Operasional jalan tol ini nantinya akan menyingkat waktu tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam,” kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan beberapa waktu lalu.

Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru - Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu
Kendaraan melewati Jalan Tol Pekanbaru - Dumai saat dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

Tol Pekanbaru-Dumai dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai.

10 TIP ini terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) KM 45,075. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64,925.

Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82,3 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13,850.

BACA JUGA :

Bisnis Sepeda Meningkat Sejak Pandemi Covid-19 di Pekanbaru

Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Hadirkan Promo Parcel Back to School

Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah Tol Pekanbaru-Dumai mulai dioperasionalkan.

Selain itu, Tol Pekanbaru-Dumai memiliki enam terowongan perlintasan gajah didalamnya yang terletak di Seksi 2 tepatnya di Sungai Tekuana dan Seksi 4 di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved