Dampak Virus Corona di Riau

Pandemi Covid-19 Pukul Sektor Pariwisata di Riau, Pengelola Merugi Hingga Rp 7 Miliar

Tidak hanya di sektor ekonomi, namun sektor industri kreatif termasuk pariwisata juga ikut terpukul dengan adanya wabah Covid-19 ini.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Ritual bakar tongkang berlangsung di Bagansiapiapi beberapa waktu lalu. Ritual tersebut merupakan tradisi unik bagi masyarakat Tionghoa disana dan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan manca negara 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 tidak hanya sekadar wabah yang menyerang kesehatan manusia. Namun sendi-sendi perekonomian juga ikut rontok.

Tidak hanya di sektor ekonomi, namun sektor industri kreatif termasuk pariwisata juga ikut terpukul dengan adanya wabah ini.

Meski bukan daerah tujuan wisata jika dibandingkan dengan Bali dan daerah lainya di Indonesia, namun akibat Pandemi Covid-19 , Provinsi Riau juga ikut terkena dampaknya.

Sejumlah destinasi dan objek wisata unggulan di Riau mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Bahkan Dinas Pariwisata Provinsi Riau mencatat sejak Pandemi Covid-19 melanda Riau, pengelola objek wisata di 12 Kabupaten di Kota yang ada di Riau merugi hingga Rp 7 miliar sampai pertengahan tahun ini.

BACA JUGA :

Cegah Covid-19 di Desa Sejagat Bengkalis, Tim Relawan Unri Bagikan Masker dan Vitamin ke Masyarakat

Grand Central Hotel Pekanbaru Siap Menggelar Event Pernikahan Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Kerugian ini terjadi akibat sepinya pengunjung yang datang ke objek wisata. Sementara disisi lain operasional, perawatan, gaji karyawan dan biaya rutin lainya di tempat objek wisata tersebut tetap berjalan.

Akibat menurunnya wisatawan yang berkunjung ke Riau, sektor lain pun ikut terkena imbasnya. Lesunya geliat sektor pariwisata menular ke sektor perhotelan dan penginapan di Riau.

"Kalau kerugian yang dialami pengelola hotel mencapai Rp5 miliar, karena event atau acara yang dibatalkan," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Kamis (2/7/2020).

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Riau , melalui Dinas Pariwisata telah menerima pengajuan pembatalan pelaksanaan event pariwisata di tiga Kabupaten Kota.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved