Tol Pekanbaru Dumai

Sempat Mencuat Rencana Pembangunan Rel Kereta Api di Provinsi Riau, Ini Kabar Terbarunya

Rencana pembangunan jalur rel kereta api di Provinsi Riau sebelumnya sempat disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar

tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dalam tahap pembangunan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Rencana pembangunan jalur rel kereta api di Provinsi Riau yang sebelumnya sempat disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar tampaknya tidak akan berjalan sesuai rencana.

Sebab dengan adanya Tol-Pekanbaru Dumai , jalur kereta api di Riau dianggap belum mendesak untuk segera direalisasikan.

"Karena sudah ada tol, jadi trase kereta api di Riau itu belum dilanjutkan. Memang sebelumnya trase kereta api ini kita sudah usulkan ke APBN, tapi karena sudah alternatif, Tol Pekanbaru-Dumai jadi untuk trase kereta ini dipending dulu," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Riau, Raja Saspi, Minggu (5/7/2020).

BACA JUGA :

Fox Hotel Pekanbaru Suguhkan Promo Makan Malam di Ketinggian Lantai 15

Pandemi Covid-19 Pukul Sektor Pariwisata di Riau, Pengelola Merugi Hingga Rp 7 Miliar

"Karena untuk membangun trase kereta api ini cost nya mungkin cukup besar, sementara peruntukannya baik pengangkutan orang, barang dan jasa dari Pekanbaru ke Dumai itu sudah ada tol," katanya.

Sementara saat disinggung terkait adanya sejumlah titik yang sudah dilakukan pembangunan tahap awal untuk rel kereta api di Riau, Saspi mengungkapkan material pembangunan rel tersebut terpaksa dipindahkan ke provinsi tetangga yakni ke Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara.

"Kemarin itu sudah ada bantalan-bantalan (rel kereta api) yang di-drop di Bukit Kapur, sudah dipindahkan ke Rantau Prapat," katanya.

Seperti diketahui, trase kereta api Dumai-Bukit Kapur sebelumnya telah direncanakan akan dibangun sepanjang 21 kilometer. Proyek tersebut ditarget akan menjadi bagian dari jalur Kereta Api Trans Sumatera dengan anggaran bersumber dari APBN.

BACA JUGA :

Seekor Gajah Jantan Lahir di TWA Buluh Cina, Gubri Syamsuar Beri Nama Damar

Tamu Bisa Pilih Promo Sesuai Budget di Labersa Grand Hotel

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar memerintahkan Dinas Perhubungan untuk kembali berkoordinasi dengan kementerian terkait menyangkut rencana pembangunan rel kereta api di Provinsi Riau .

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved