Bandara SSK II Pekanbaru

Penumpang Mulai Meningkat, Ini Alasan Traveler Percaya Diri Naik Pesawat di Tengah Pandemi

Tidak hanya Bandara SSK II Pekanbaru, Bandara Soekarno Hatta juga mengalami kenaikan, bahkan angkanya mencapai 40 hingga 45 persen.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Seorang calon penumpang pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menggunakan masker beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Memasuki masa adaptasi tatanan kenormalan baru atau new normal saat ini,

optimalisasi slot time penerbangan di berbagai bandara mulai kembali mengalami kenaikan, termasuk Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru .

Eksekutif General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, Yogi Prasetiyo mengatakan, jumlah penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru saat ini terus mengalami kenaikan.

"Misalnya kita lihat dari tanggal 1 sampai 19 Agustus 2020, jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan mencapai 55.939 pax. Sedangkan pada tanggal 20 Agustus 2020 juga tercatat tinggi. Untuk kedatangan ada 1.847 pax dan yang berangkat atau pergi dari Pekanbaru mencapai 1.704 pax. Totalnya mencapai 3.551 pax," kata Yogi, Sabtu (21/8/2020) lalu.

BACA JUGA :

Pencinta Alam Bahari Impikan Bandar Bakau Dumai Mendunia

Lempuk Durian nan Manis dan Legit, Oleh-oleh Khas Kabupaten Bengkalis

Tidak hanya itu, di Bandara Soekarno Hatta juga mengalami kenaikan, bahkan angkanya mencapai 40 hingga 45 persen.

Misalnya pada Kamis, 20 Agustus 2020, frekuensi penerbangan di Soekarno-Hatta kembali mencatat angka tertinggi sejak masa pandemi Covid-19 , yakni mencapi 530 penerbangan.

Cukup tingginya frekuensi penerbangan ini menyusul libur panjang 20 hingga 23 Agustus 2020. Pola ini sama seperti kondisi normal yakni frekuensi penerbangan pada libur panjang lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

BACA JUGA :

Ada Marka Mirip Titik Start Moto GP di Pekanbaru, Ini Aturannya Bagi Motor dan Mobil

Pekanbaru Kota Pertama Penggunaan Aplikasi Teman Sehat, Bisa Bantu Penelusuran Kontak Kasus Covid-19

Guna mengetahui alasan apa yang memutuskan traveler mau melakukan perjalanan dengan pesawat pada periode libur panjang ini,

PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan survei dan analisis terhadap traveler di Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Agustus 2020.

Survei menggunakan dipstick survey yang merupakan metode dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai isu tertentu dari responden (240 orang traveler di Bandara Soekarno-Hatta) yang dipilih secara acak.

Adapun responden pada survei ini berusia kurang dari 20 tahun hingga 49 tahun.

BACA JUGA :

Erafone Gelar Promo Eraversary 2020, Hadirkan Banyak Promo dan Hadiah Menarik.

Heritage Walk Pekanbaru Ajak Pengunjung Bernostalgia Dengan Wisata Bersejarah di Kota Lama

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan survei cepat ini juga dapat menggambarkan apa yang mendorong lalu lintas penerbangan mulai pulih kembali.

"Hasil survei ini juga dapat menjadi tolok ukur mengenai sejauh kebutuhan dan pengetahuan traveler terhadap protokol kesehatan di bandara dan sektor penerbangan," kata Muhammad Awaluddin melalui siaran pers nya.

Hasil survei terhadap responden (traveler) di Bandara Soekarno-Hatta, di antaranya, 51 persen responden paham dan 49 persen responden sangat paham terhadap protokol kesehatan.

BACA JUGA :

Pembangunan Islamic Centre Kota Pekanbaru Sudah Capai 60 Persen

Semakin Asyik, Program Fox Urban Street Food Terus Disesuaikan dengan Keinginan Pengunjung

Tingkat pemahaman traveler terhadap protokol kesehatan cukup tinggi sehingga membuat aktivitas di bandara berjalan lancar dan operasional penerbangan tidak terganggu.

"Bandara Soekarno-Hatta memberlakukan protokol kesehatan di tengah pandemi pada saat keberangkatan dan kedatangan penumpang. Dengan memahami protokol, maka penumpang mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan," kata Muhammad Awaluddin.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved