Pelindo 1

Pelindo 1 Dorong Kinerja Pelabuhan Sebagai Motor Ekonomi Riau di Tengah Pandemi Covid-19

Kinerja dua pelabuhan utama di Provinsi Riau terus tumbuh sepanjang 2020 ini. Jasa marine service, curah cair, dan peti kemas jadi pendorong utama

Istimewa
Fasilitas Terminal Curah Cair di Pelabuhan Dumai, yang merupakan salah satu pelabuhan dengan terminal curah cair terbesar di Indonesia 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kinerja dua pelabuhan utama di Provinsi Riau terus tumbuh sepanjang 2020 ini. Jasa marine service, curah cair, dan peti kemas jadi pendorong utama kinerja positif tersebut.

Dalam menghadapi kondisi perekonomian yang penuh ketidakpastian di tengah pandemi Covid-19 , aktivitas ekonomi pelabuhan memiliki peran vital bagi perekonomian Provinsi Riau dan sistem logistik nasional Indonesia.

Salah satu pelabuhan utama di Provinsi Riau adalah Pelabuhan Dumai . Pendapatan usaha Pelabuhan Dumai sampai dengan Juli  tahun ini 2020 sebesar Rp 324,16 miliar,

dengan salah satu bisnis unggulan di Pelabuhan Dumai yakni marine services baik di pelabuhan umum maupun di tersus/TUKS seperti: Kawasan Industri Dumai (KID), Lubuk Gaung, dan Pertamina.

BACA JUGA :

Manjakan Mata dengan Memandang Lautan di Pantai Koneng Dumai

Pencinta Alam Bahari Impikan Bandar Bakau Dumai Mendunia

Selain marine services, layanan unggulan di Pelabuhan Dumai yaitu layanan bongkar muat curah cair dan curah kering.

Pelabuhan ini juga merupakan salah satu pelabuhan dengan terminal curah cair terbesar di Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19 , Dumai tetap menjadi pelabuhan umum yang tertinggi  dalam pengapalan CPO dan turunannya di Indonesia yaitu rata-rata 400 ribu ton tiap bulannya.

Jenis curah cair yang dikirim dari Pelabuhan yang dioperasikan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 ini adalah Crude Palm Oil (CPO) yang diekspor ke India, China, dan Eropa.

Sedangkan untuk curah kering yaitu Palm Kernel Ekspeller (PKE) dan Palm Kernel Shell (PKS) banyak diekspor ke Asia Timur dan Eropa.

Komut Pelindo 1, A Djamaludin bersama Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1,Prasetyo mendengar penjelasan GM Pelabuhan Pekanbaru, I Wayan Wirawan tentang strategi dan Potensi TPK Perawang
Komut Pelindo 1, A Djamaludin bersama Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1,Prasetyo mendengar penjelasan GM Pelabuhan Pekanbaru, I Wayan Wirawan tentang strategi dan Potensi TPK Perawang (Istimewa)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved