Kuliner di Pekanbaru

Bolu Kemojo, Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Dulunya Hanya Bisa Dinikmati Saat Lebaran dan Acara Adat

Bolu kemojo awalnya merupakan makanan khas yang hanya dapat ditemukan dalam kegiatan-kegiatan sakral adat melayu

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Bolu Kemojo dijual di Pasar Bawah Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Bolu kemojo merupakan makanan khas Kota Pekanbaru Provinsi Riau yang cukup digemari dan kerap dijadikan buah tangan oleh para pelancong yang datang ke bumi melayu lancang kuning ini.

Bolu kemojo semula merupakan makanan khas yang hanya dapat ditemukan dalam kegiatan-kegiatan sakral adat melayu, misalnya saat kenduri, acara pernikahan dan hari-hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri.

Kuliner yang berbentuk seperti bunga ini dulunya juga hanya dapat dipesan ketika dibutuhkan kepada masyarakat melayu yang dapat membuatnya.

Namun kini tentu saja untuk mencicipi penganan khas ini tidak usah menunggu acara adat dan keagamaan tersebut, karena gampang dijumpai di berbagai gerai toko oleh-oleh Pekanbaru .

BACA JUGA :

Serunya Berekreasi di Taman Kota Pekanbaru

Berburu Kerajinan Rotan yang Unik di Ratatia Rattan Handmade Pekanbaru

Salah satu pengusaha bolu kemojo di Pekanbaru adalah Dinawati , ia dapat dikatakan sebagai pelopor pengembangan bolu kemojo di
Kota Pekanbaru .

Sejak tahun 1998 silam ia mulai belajar mengembangkan usaha miliknya ini mulai dari nol, bermodalkan satu buah cetakan bolu kemojo milik ibunya.

"Waktu itu saya belajar dengan ibu saya menggunakan satu cetakan. Jujur saja waktu itu saya memang tidak pandai memasak.

Tapi, Alhamdullilah terus menerus belajar akhirnya bisa dan mulailah mengembangankan usaha ini.

Dulu untuk buat 1 Kg saja bisa dari pagi sampai malam. Ya, karena cetakanya hanya satu," jelas Dinawati beberapa waktu lalu di Gerai Bolu Kemojo Al Mahdi miliknya di Jalan Rajawali nomor 50 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi.

Halaman selanjutnya

BACA JUGA :

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved