Damak Virus Corona di Riau

Travel Haji dan Umrah Kembali Menggeliat, Masyarakat Antusias Walau Banyak Pembatasan

Masyarakat pun mulai berdatangan ke agen travel haji dan umrah, menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang kembali memberikan kesempatan

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Pekanbaru melakukan pemeriksaan melalui alat Thermal Scanner atau pendeteksi suhu tubuh terhadap penumpang yang baru datang dari Kuala Lumpur di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kamis (23/1/2020). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Travel haji dan umrah di Pekanbaru mulai menggeliat kembali.

Usaha travel yang selama ini sepi bahkan banyak yang tutup, sekarang sudah dibuka lagi.

Masyarakat pun mulai berdatangan ke agen travel tersebut, menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang kembali memberikan kesempatan untuk umat muslim di berbagai negara melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Muhibbah Travel , satu travel yang beroperasi di Pekanbaru tampak dibuka kembali.

Usaha travel yang berlokasi di Jalan Kartini Kota Pekanbaru itu juga terlihat mulai dikunjungi oleh para calon jamaah.

BACA JUGA :

Melihat Masjid Raya Pekanbaru, Warisan Sejarah Kesultanan Siak di Senapelan

Mesin Pembuat Kopi Ariete Praktis Dioperasikan, Cocok untuk Para Penikmat Kopi

Owner PT Muhibbah Travel Ibnu Mas'ud mengatakan, dirinya bersama menejemen perusahaannya sangat bersyukur, karena selama ini perusahaannya tersebut sempat vakum tanpa ada keberangkatan jamaah ke tanah suci.

Hal tersebut tidak hanya merugikan para jamaah, namun juga pihaknya, beserta para karyawan yang selama ini mengandalkan travel tersebut sebagai penopang perekonomian keluarga masing-masing.

"Alhamdulillah sekarang kita patut bersyukur dengan dibuka kembali perizinan jamaah untuk datang ke tanah suci dalam melaksanakan umrah.

Saat ini kita sudah mulai aktif dan mempersiapkan program umrah untuk akhir tahun dan awal tahun 2021," kata Ibnu, Rabu (4/11/2020).

BACA JUGA :

Jika Selesai, Tol Sumatera Akan Membuka Akses Ekspor Impor Pelabuhan Samudera Inhil

Berkarya Lewat Batok Kelapa, Pemuda Inhil Ini Akan Ekspor Kerajinannya ke India

Ia juga menambahkan, saat para jamaah datang ke travel kembali, ia dan karyawannya sangat senang dan merasakan travel kembali menggeliat,

dan berharap situasi akan kembali pulih sehingga masyarakat kembali ramai berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

"Kita juga sangat bersyukur, Alhamdulillah calon jamaah juga sudah mulai datang dan juga menghubungi kita. Menanyakan program yang kita jual. Walau saat ini baru maskapai Saudi Arabia yang diizinkan untuk mengangkut jamaah umrah. Kita berharap Garuda juga bisa terbang agar jamaah bisa ada pilihan," jelasnya.

BACA JUGA :

Tangguh & Ringan, Koper Legend Walker Terbuat dari Polikarbonat, Saat ini Ada Promo Hingga 70 Persen

Tujuh Bulan Tidak Beroperasi Akibat Covid-19, Travel Haji dan Umrah di Pekanbaru Kini Kembali Buka

Karyawannya saat ini dikatakan Ibnu juga telah kembali beraktivitas, mereka kembali menghubungi calon jamaah yang sebelumnya sudah merencanakan keberangkatan ke tanah suci.

"Kesibukan di kantor saat ini lebih banyak kepada menghubungi jamaah yang tertunda dan jamaah yang sudah mendaftar, tapi masih masuk daftar tunggu. Alhamdulillah selama ini yang daftar tetap ada selama kantor tutup. Dan saat ini kita juga sudah melayani jamaah yang datang langsung dan daftar lewat telpon," ujarnya.

Aktifitas di Muhibbah Travel Pekanbaru yang sudah mulai aktif kembali sejak 3 November 2020
Aktifitas di Muhibbah Travel Pekanbaru yang sudah mulai aktif kembali sejak 3 November 2020 (Istimewa)

Muhibbah Travel sendiri mulai buka kembali sejak 3 November 2020. 

Sebelumnya, jamaah yang sudah terdaftar di Muhibbah Travel mencapai 300 lebih jamaah, dan rencana awalnya akan diberangkatkan pada awal Maret 2020, namun pada bulan Maret, keluar keputusan dari pemerintah Arab Saudi, menutup sementara haji dan umrah .

Melihat aturan yang ada di Arab Saudi, pihaknya memutuskan untuk memberangkatkan jamaah Muhibbah pada awal Februari 2021. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved