Dampak Virus Corona di Riau

Cegah Penularan Covid, Bandara SSK II Pekanbaru Terapkan Konsep Biosecurity Management

Bandara menjadi salah satu tempat yang wajib dilalui oleh para penumpang pesawat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Penerapan protokol kesehatan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan konsep biosecurity management 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Bandara menjadi salah satu tempat yang wajib dilalui oleh para penumpang pesawat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain.

Penggunaan berbagai layanan juga menjadi proses yang mesti dijalani setiap penumpang, sehingga kondisi bandara harus benar-benar bersih dari berbagai ancaman virus .

General Manajer (GM) Angkasa Pura II Pekanbaru, Yogi Prasetyo Suwandi mengatakan, saat ini sebagai upaya pencegahan Covid-19 dan menciptakan penerbangan yang sehat,

PT Angkasa Pura II menjalankan protokol kesehatan melalui konsep biosecurity management .

"Konsep biosecurity management itu terdiri dari, physical distancing , health screening, passenger touchless processing, people protection, dan facility cleanliness," kata Yogi Prasetyo Suwandi , Rabu (11/11/2020).

BACA JUGA :

Mobil Full Elektrik, Hyundai Ioniq Electric Sudah Bisa Dipesan di Pekanbaru

Seribu Pengusaha Hotel & Restoran di Pekanbaru Jadi Calon Penerima Hibah Pariwisata dari Pusat

Dikatakan Yogi, pihaknya menjaga dan mengingatkan selalu agar para penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru agar selalu menjaga jarak.

Untuk berbagai tempat layanan di bandara semuanya juga dibuat tempat antrean dengan jarak yang sudah ditentukan masing-masing penumpang, misalnya di tempat check in, antrEan masuk, tempat tunggu yang diberikan jarak setiap kursi, dan lainnya. 

Untuk healt screening pihaknya juga menggunakan sejumlah alat, salah satunya dengan thermal scanner, yang merupakan alat untuk mengukur suhu tubuh para penumpang, dengan perangkat kamera dan komputer.

Jika ada suhu tubuh penumpang di atas suhu orang sehat, maka pihaknya akan minta agar penumpang tersebut diperiksa lebih lanjut.

BACA JUGA :

Jangan Takut Kehabisan Saldo E-Money di Tol Pekanbaru-Dumai, Pengemudi Bisa Top Up di Pintu Keluar

Promo AirAsia Unlimited Pass, Konsumen Bisa Terbang Sepuasnya 6 Bulan Hanya dengan Rp 1,5 Juta

Tidak hanya penumpang, staf dan awak di bandara juga seluruhnya dilakukan pengecekan suhu tubuh jelang bertugas, hingga pelaksanaan rapid test secara berkala.

Demikian juga penerapan passenger touchless processing. Para penumpang dibuat lebih praktis dengan menggunakan alat dan layanan tanpa sentuhan tangan,

misalnya di masuk bandara di pengambilan tiket yang sudah tanpa sentuhan tangan, juga di toilet dan sejumlah layanan lain.

Untuk people protection, pihaknya mewajibkan setiap penumpang dan juga para petugas bandara menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), mulai dari masker, fashield, dan lainnya. 

Penerapan protokol kesehatan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan konsep biosecurity management
Penerapan protokol kesehatan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan konsep biosecurity management (Istimewa)

"Selanjutnya, untuk seluruh fasilitas di bandara kita lakukan pembersihan, juga dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Kita juga menyediakan handsanitizer di berbagai titik layanan, sehingga membuat orang-orang di bandara nyaman, dan mencegah terjadinya penularan Covid-19 ," tuturnya. 

BACA JUGA :

Paling Jauh Hanya 10 Menit, Inilah 4 Hotel yang Paling Dekat dengan Bandara SSK II Pekanbaru

Proposal Prilaku Hidup Baru di Kota Pekanbaru Paling Banyak Diajukan Oleh Pengusaha Perhotelan

Yogi menambahkan, pihaknya harus memastikan semua layanan dan tempat di bandara benar-benar aman dan bersih demi kenyamanan penumpang, tanpa khawatir untuk melakukan penerbangan dan menggunakan layanan bandara.

Dikatakan Yogi, sejak Covid-19 mulai menyebar pada awal tahun 2020, pihaknya sudah mulai menerapkan protokol kesehatan di bandara.

Kondisi tersebut terus dipertahankan, bahkan sejumlah protokol juga diupgrade sehingga penumpang lebih nyaman dan aman dari penularan Covid-19 . 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved