Pelindo 1

Terus Berinovasi, Pelindo 1 Makin Gencar Kembangkan Layanan Digital di Terminal Penumpang

Pelindo 1 terus berinisiatif dan berinovasi mengembangkan layanan digital di terminal penumpang yang dikelolanya.

Istimewa
Foto ilustrasi sebelum masa pandemi Covid-19 . Penumpang sedang melakukan pemesanan tiket kapal laut menggunakan aplikasi E-Ticketing milik Pelindo 1 melalui M-Kios yang berada di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjungpinang 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, BATAM - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berinisiatif dan berinovasi mengembangkan layanan digital di terminal penumpang yang dikelolanya.

Strategi ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja bisnis perseroan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang.

Disisi lain, tuntutan digitalisasi semakin tinggi seiring datangnya era industri 4.0 dan adanya pandemi Covid-19 yang membuat orang menghindari kontak langsung guna memutus rantai penyebaran virus.

“Kami menginisiasi dan mengembangkan sejumlah layanan digital di seluruh lingkungan Pelindo 1 yang didesain khusus bagi para pengguna jasa sehingga dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja.

Kami akan mengoptimalkan layanan tersebut khususnya saat penerapan adaptasi kebiasaan baru agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar,” kata Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Prasetyo dalam acara Sosialisasi Integrasi Pelayanan Terminal Penumpang di Wilayah Kepulauan Riau dan Dumai, Selasa (10/11/2020) di Batam.

Melalui siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com Pelindo 1 tercatat merupakan pionir dan salah satu yang paling agresif dalam penerapan IoT (Internet of Things) serta digitalisasi pelayanan di terminal penumpang.

Menurut Prasetyo, sejumlah inovasi digital telah dikembangkan Pelindo 1, antara lain E-Pass dan E-Berthing yang mulai diterapkan pada tahun 2018 dan layanan E-Ticketing yang diterapkan sejak 2019.

Ketiga layanan tersebut telah diberlakukan di terminal penumpang Sri Bintan Pura, Tanjungpinang dan merupakan layanan transaksi non tunai pertama untuk layanan kepelabuhanan di Indonesia.

“Tahun ini, layanan E-Pass mulai dikembangkan di Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun dan Dumai. Penerapan E-Pass nantinya akan mempermudah penumpang karena Pelindo 1 telah bekolaborasi dengan beberapa bank penerbit kartu elektronik.

Pelindo 1 bekerja sama dengan sejumlah bank penerbit kartu elektronik guna mendorong masyarakat dalam memanfaatkan transaksi non tunai di pelabuhan ini,” terang Prasetyo.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved