Destinasi Wisata di Dumai

Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Songket di Rumah Tenun Wan Atiqa Dumai Eksis Pertahankan Budaya Melayu

Rumah Tenun Wan Atiqa adalah salah satu penghasil kain tenun songket di Kota Dumai yang masih bertahan hingga saat ini.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Kain songket di Rumah Tenun Wan Atiqa 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Kain tenun merupakan kerajinan tradisional khas Riau . Dahulu, kain tenun hanya digunakan pada kalangan tertentu saja, yakni para bangsawan.

Namun, mengikuti perkembangan zaman dan meningkatnya kesadaran akan pelestarian kerajinan lokal, masyarakat Riau mulai menggunakan kain tenun di setiap kesempatan formal, baik di lingkungan pemerintah hingga swasta. 

Kain‎ tenun yang biasa nya juga merupakan songket sering digunakan pada acara-acara adat maupun diacara resmi pemerintahan kabupaten atau Kota di Provinsi Riau

Untuk membuat selembar kain tenun atau songket tidaklah mudah , terlebih kerajinan ini masih menggunakan alat-alat tradisional dalam artian masih menggunakan alat konvensional bukan menggunakan mesin. 

Dengan menggunakan alat tradisional tenun, kain yang dihasilkan juga sangat bagus dan berkualitas, hal itu sesuai dengan tingkat kerumitan dalam proses pembuatan kain tentun ataupun Songket khas melayu. 

BACA JUGA :

Smartphone Vivo Y20S Bisa Sekaligus Menjadi Powerbank, Cocok Buat yang Hobi Traveling

Sikat Gigi Makin Sempurna dengan Alat Aquapick Oral Irrigator

Pada zaman serba digital dan teknologi seperti saat ini, terlebih di kota-kota besar, pengrajin kain tenun atau songket tradisional sudah sangat jarang ditemukan bahkan sudah terbilang sulit,

meskipun begitu tetap masih ada yang mempertahankan budaya dan tradisi menenun di bumi Melayu ini . 

Seperti yang ada di Kota Dumai , Rumah Tenun Wan Atiqa adalah salah satu penghasil kain tenun yang masih bertahan hingga saat ini.

‎Wan Suwandi pemilik Rumah Tenun Wan Atiqa mengatakan bahwa ia mendirikan rumah tenun ini pada 2007 silam, dengan latar belakang ingin melanjutkan usaha orang tua yang berada di Kota Pekanbaru .

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved