Damak Virus Corona di Riau

Jumlah Pemesanan Bus Pariwisata Tinggi Jelang Libur Panjang, Asita Wanti-wanti Ledakan Kasus Covid

ledakan penambahan kasus Covid bisa dihindari jika masyarakat dan pengelola pariwisata menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Pemeriksaan kesehatan melalui rapid swab test digelar di halaman Masjid di Kantor DPRD Provinsi Riau , Pekanbaru beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Musim libur panjang kali ini diprediksi akan terjadi ledakan penambahan kasus Covid-19 di Provinsi Riau .

Namun menurut pihak Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) hal itu bisa dihindari jika masyarakat dan pengelola pariwisata menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

Dede Firmansyah selaku Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan Pemerintah DPP Asita mengatakan, dilihat dari pengalaman sebelumnya, ledakan kasus Covid-19 di Riau terjadi usai libur panjang jika masyarakat abai menjalankan protokol kesehatan

"Seperti pengalaman sebelumnya, terjadi lonjakan penambahan kasus Covid-19 usai libur panjang. Karena masyarakat masih banyak yang abai, dan sulit dibendung. Jika masyarakat tidak menjaga protokol kesehatan, bukan tidak mungkin pengalaman sebelumnya akan terulang kembali," kata Dede, Selasa (15/12/2020).

BACA JUGA :

156 Pelaku Usaha di Kota Pekanbaru Sudah Ajukan Proposal PHB, Sektor Hotel Mendominasi

Empat Pos Aparat Gabungan di Kota Pekanbaru Akan Awasi Aktivitas Natal dan Tahun Baru 2020

Selain dari kesadaran masyarakat sendiri, pria yang juga Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Riau Bidang Industri Olahraga ini mengimbau kepada pihak-pihak terkait untuk mengeluarkan kebijakan dan ketegasan.

Sehingga ketika masyarakat abai, lalai atau lupa, akan diingatkan dengan kebijakan yang dikeluarkan. 

"Kita berharap kepada semua pihak terkait, mulai dari Satpol PP, TNI/Polri, Dinas Kesehatan dan pihak yang tergabung dalam Satgas, agar memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Selain itu, Satgas juga bisa menindak destinasi wisata yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Sehingga ada efek jera dan menjadi pelajaran bagi yang lain," kata Pengamat Pariwisata Riau ini.

BACA JUGA :

Pertama di Sumatera, Masyarakat Pekanbaru Makin Mudah Bayar Parkir di Mal dengan Nontunai

Wako Pekanbaru Belum Beri Lampu Hijau Untuk Operasional Bioskop

Ia mencontohkan kebijakan yang diambil oleh Gubernur Jawa Barat yang telah menekankan bahwa Bandung tidak menerima wisatawan. Karena Bandung sedang dalam status zona merah. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved