Bandara SSK II Pekabaru

Walau dari Luar Negeri, Bandara SSK II Pekanbaru Tetap Terima Sebagai Penumpang Domestik

Masing-masing bandara yang membuka penerbangan langsung dari luar negeri kini menutup sementara kedatangan WNA

tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Pekanbaru melakukan pemeriksaan melalui alat Thermal Scanner atau pendeteksi suhu tubuh terhadap penumpang yang baru datang dari Kuala Lumpur di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kamis (23/1/2020). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi masuknya Virus Corona. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Seiring dengan kebijakan pemerintah yang menutup pintu untuk warga negara asing (WNA) masuk ke tanah air mulai 1 Januari hingga 14 Januari 2021 mendatang.

Masing-masing bandara yang membuka penerbangan langsung dari luar negeri akan menutup sementara kedatangan WNA, kecuali untuk WNI yang sudah dibuat regulasi khusus. 

Di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, yang saat ini memang tidak memiliki rute penerbangan langsung dari luar negeri, tetap menerapkan regulasi penerbangan domestik. 

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prasetyo Suwandi mengatakan, walau adanya penumpang pesawat ke Kota Pekanbaru yang datang dari luar negeri melalui transit di bandara lain, namun pihaknya tetap menerima sebagai kedatangan penumpang domestik,

karena penumpang tersebut telah melewati sejumlah proses di bandara sebelumnya, mulai dari tes swab hingga karantina.

BACA JUGA :

Nissan Magnite Mengaspal di Riau Februari 2021 Mendatang, Tampil Lebih Dinamis dan Tangguh

Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Hotel di Pekanbaru Perketat Protokol Kesehatan

"Bagi penumpang dari luar negeri menuju Pekanbaru yang telah transit di bandara lain tetap kita terima sebagai penumpang domestik, karena mereka sudah melewati proses dan prosedur yang sudah ditetapkan di bandara sebelumnya, sebelum datang ke Bandara SSK II Pekanbaru," kata Yogi, Selasa (29/12/2020).

Regulasi yang dilewati tersebut dikatakan Yogi harus mengikuti sejumlah syarat yang diatur dalam surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 3 tahun 2020.

Di antaranya adalah, WNI tersebut menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal yang berlaku maksimal 2 kali 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan atau eHAC Internasional Indonesia.

BACA JUGA :

Akhir Tahun Gramedia Kembali Banjir Diskon Produk Tas Backpack

Ace Hardware Mal Pekanbaru Hadirkan Promo Untuk Bed Cover

"Setelah sampai di bandara yang dituju di Indonesia, maka akan dilakukan pemeriksaan ulang RT-PCR. Kalau sudah menunjukkan hasil negatif, maka yang bersangkutan wajib menjalani karantina selama 5 hari, terhitung sejak tanggal kedatangan di tempat akomodasi karantina disediakan oleh pemerintah, misalnya di wisma atlet, atau tempat lainnya yang sudah ditentukan," jelasnya.

Bagi penumpang yang sudah menjalani karantina selama 5 hari tersebut, dikatakan Yogi selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kembali Covid-19 dengan metode RT-PCR. 

"Setelah diperiksa ulang, akan kelihatan hasilnya. Jika hasilnya negatif, maka diperkenankan meneruskan perjalanan, misalnya ke Pekanbaru. Maka dari itu, kita tetap terima sebagai penumpang domestik. Namun jika yang bersangkutan dinyatakan positif saat pemeriksaan ulang tersebut, tentunya ada proses lagi yang harus diikuti, hingga dinyatakan benar-benar negatif, baru bisa melanjutkan perjalanan kembali," tuturnya.

Namun demikian, dikatakan Yogi, pihaknya akan tetap meningkatkan protokol kesehatan secara berkelanjutan untuk menghindari penularan Covid-19 demi keselamatan bersama

Layanan Rapid Test Antigen Covid-19 Kini Sudah Tersedia di Bandara SSK II Pekanbaru

Cegah Penularan Covid, Bandara SSK II Pekanbaru Terapkan Konsep Biosecurity Management

Paling Jauh Hanya 10 Menit, Inilah 4 Hotel yang Paling Dekat dengan Bandara SSK II Pekanbaru

Objek Wisata di Siak Tetap Buka Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved