Destinasi Wisata di Inhil

Mut Tiangan, Budaya Menongkah Kerang Suku Duanu yang Dilakukan Saat Air Laut Surut

Menongkah merupakan budaya unik yang tidak dimiliki suku lain dan hanya dimiliki Suku Duanu .

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Menongkah merupakan budaya unik yang tidak dimiliki suku lain dan hanya dimiliki Suku Duanu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, INHIL -  Berbicara soal Suku Duanu tidak lepas dari budaya menongkah kerang (menagkap kerang) atau dalam bahasa duanunya disebut Mut Tiangan .

Menongkah merupakan budaya unik yang tidak dimiliki suku lain dan hanya dimiliki Suku Duanu di Kabupaten Indragiri Hilir .

Menongkah merupakan metode masyarakat Suku Duanu dalam menangkap (mencari) kerang di padang lumpur dengan menggunakan papan tongkah (selancar) saat air laut dalam keadaan surut.

Menongkah juga mempersentasikan bagaimana kehidupan masyarakat duanu sebenarnya yang memiliki sifat kerja keras dan etos kerja yang tinggi dalam mencari kehidupan untuk keluarga.

Menongkah menuntut pelakunya untuk memiliki keberanian tinggi dan keterampilan tinggi serta ketangkasan yang tidak main-main.

Namun keberanian saja tidak cukup, apalagi menongkah tidak hanya di lakukan disiang hari, tapi juga di malam hari.

BACA JUGA :

Libur Tahun Baru, Istana Siak Diserbu Pengunjung, Foto Bareng Badut Karakter Melayu Laris Manis

Miliki Potensi, Warga Desa Sungai Intan Inhil Masih Bingung Memasarkan Hasil Alam dan Gula Merahnya

Menurut tokoh masyarakat duanu, Sarpan Firmansyah, S.Pi, menongkah merupakan budaya menafkah yang sudah turun menurun dan berabad lamanya dilakukan oleh masyarakat Suku Duanu .

“Begitulah petualangan orang duanu dalam mencari kehidupan dalam saat mencari kerang yang mengandung gizi dan protein yang luar biasa untuk keluarga,” ungkap Sarpan sapaan akrabnya , Sabtu (2/1/2021).

Sarpan mengungkapkan fakta-fakta unik mengenai menongkah yang ternyata memiliki filosofi yang tidak banyak diketahui, yaitu memiliki korelasi dengan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved