Dampak Virus Corona di Riau

Pandemi Covid-19, Jumlah Arus Penumpang Momen Nataru Melalui Pelabuhan Tanjung Harapan Turun Drastis

Penurunan disinyalir dikarenakan pandemi Covid 19 yang masih menjadi momok di tengah masyarakat.

Dok Tribun Pekanbaru
Suasana arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kepulauan Meranti Selasa (5/1/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, MERANTI - Jumlah arus keluar maupun masuk melalui Pelabuhan Tanjung Harapan , Selatpanjang , Kabupaten Kepulauan Meranti saat momen Natal dan Tahun Baru 2021 mengalami penurunan signifikan.

Penurunan disinyalir dikarenakan pandemi Covid 19 yang masih menjadi momok di tengah masyarakat.

Dari data Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) kelas IV Selatpanjang, tahun ini penumpang keluar dan masuk mengalami penurunan hingga 70 persen.

Petugas Lalu-lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan, KSOP Kelas II Selatpanjang, Ade Kurniawan mengatakan terjadi penurunan yang signifikan arus masuk maupun keluar tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

"Memang ada kenaikan (penumpang) saat Nataru, saat Covid ini biasanya angka 200 sampai 250 penumpang. Sekarang mulai 25 Desember yang lalu sudah sampai 700-an yang keluar masuk," ungkap Ade , Selasa (5/1/2021).

BACA JUGA :

Tempuh 3 Hari Perjalanan ke Riau, Vaksin Sinovac Disimpan di Ruangan Bersuhu 2-8 Derajat Celcius

Kabar Gembira, Tahun Ini Pemprov Riau Kembali Kucurkan Bantuan Bagi Pelaku UMKM yang Terdampak Covid

Disampaikannya, saat ini peningkatan terjadi saat arus balik dan memuncak pada 3 Januari 2021 yang lalu.

Oleh karena itu juga pihaknya telah mempersiapkan armada tambahan seperti yang menuju Buton ke Pekanbaru saat ini dilayani 2 armada dari sebelumnya hanya 1.

"Armada tambahan juga telah kita siapkan, biasanya hanya 1 menuju Pekanbaru seorang ada 2 pagi dan siang selang seling Naga Line dan Meranti Express. Untuk daerah tujuan Batam atau Kepri, Dumai, Bengkalis saat ini masih mencukupi oleh armada Batam Jet dan Dumai Express," tuturnya.

Sementara itu, arus balik diperkirakan akan tetap terjadi pada Minggu ini. "Kita perkirakan jumlah arus balik akan tetap terjadi, mengingat posko Nataru juga tetap standby di Pelabuhan hingga 8 Januari mendatang," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved