Vaksin Covid 19

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Riau Digelar Pekan Ini

Pesan dari Presiden RI penyampaian terhadap vaksin Covid-19 kepada masyarakat harus hati-hati, agar tidak ada kesan pemaksaan

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Vaksin Covid-19 kepada Bupati/Walikota secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (11/1/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 14 atau 15 Januari 2021 besok.

Namun proses vaksinasi baru akan dilaksanakan setelah izin darurat penggunaan atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dikeluarkan.

"Tadi disampaikan saat rapat koordinasi bersama bapak presiden dengan beberapa menteri, diantaranya vaksinasi akan dimulai minggu ini," kata Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Vaksin Covid-19 kepada Bupati/Walikota secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (11/1/2021).

"Harapan bapak presiden dalam satu tahun penanganan kasus Covid-19 untuk pelaksanaan vaksinasi ini dapat diselesaikan," katanya.

Ia menuturkan, pesan dari Presiden RI penyampaian terhadap vaksin Covid-19 kepada masyarakat harus hati-hati, agar tidak ada kesan pemaksaan namun untuk target agar bisa tercapai. 

Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu jadi perhatian, tidak semua orang bisa vaksin seperti yang mempunyai komorbid atau penyakit penyerta sehingga tidak di izinkan untuk divaksinasi.

BACA JUGA :

Harga Tiket Pesawat Turun, Pekanbaru-Batam Hanya Rp 200 Ribuan

Jumlah Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Kadinkes Riau : Efek Libur Natal dan Tahun Baru

"Seperti orang yang memiliki penyakit jantung, penyakit paru, diabetes dan beberapa penyakit lainnya yang secara ketentuannya akan di jelaskan orang medis masing-masing  daerah," katanya. 

Namun, vaksin ini wajib berdasarkan amanat Undang-undang tentang wabah Nomor 4 Tahun 1984. Artinya langkah vaksinasi ini adalah langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi wabah yang terjadi seperti saat ini.

"Beberapa kasus di mana pun di waktu lalu, vaksinasi merupakan bagian yang terpenting dalam mengatasi mewabahnya suatu penyakit yang berkembang," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved