Destinasi Wisata di Pekanbaru

Tahun Ini Pemprov Riau Akan Pugar Masjid Agung An Nur, Disiapkan Menjadi Ikon Wisata Religi

Tahun ini, icon religi di Riau, yaitu Masjid Agung An Nur bakal dilakukan pemugaran. 

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Masjid Agung An Nur Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau akan menjadikan Masjid Raya An Nur sebagai icon religi di Riau. Tahun ini masjid yang juga dikenal dengan Masjid Agung An Nur Pekanbaru ini bakal dilakukan pemugaran. 

Bahkan Pemprov Riau telah mengalokasikan anggaran untuk renovasi masjid tersebut. Rencananya di halaman masjid Agung An Nur ini akan dibangun payung-payung ukuran besar seperti di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. 

"Renovasi Masjid An Nur sudah ada dibahas, dan anggarannya sudah masuk di APBD 2021," kata Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita, Selasa (12/1/2021) saat dikonfirmasi terkait anggaran untuk renovasi halaman Masjid Raya An Nur yang sudah masuk di APBD tahun 2021. 

Meski sudah alokasi anggaran, renovasi masjid sudah masuk, Eva mengaku tidak ingat berapa alokasi anggaran yang akan digunakan untuk memoles Masjid Agung An Nur tersebut. 

BACA JUGA :

Cerita Masjid Kuning Bengkalis Berusia 203 Tahun, Dibangun Oleh Panglima yang Mengalahkan Perompak

Mengenal Masjid Agung An Nur Pekanbaru, Salah Satu Masjid Termegah di Riau

"Saya tidak ingat berapanya, karena saya belum terima rincian kegiatan di APBD 2021. Tapi yang jelas saat pembahasan anggaran renovasi itu masuk," ujarnya. 

Kawasan Masjid Agung An Nur Provinsi Riau yang berada di Jalan Hangtuah Pekanbaru sebelumnya memang sudah disiapkan untuk menjadi destinasi wisata religi di Riau. 

Nantinya pintu masuk ke Masjid Agung An Nur akan dibuat jauh lebih besar yang ada sekarang. Bahkan untuk ukuran bus pun bisa langsung masuk ke dalam komplek masjid yang megah tersebut.

BACA JUGA :

Masjid Agung Kuansing Simbol Religius Warga Setempat, Masuk dalam 100 Masjid Termegah di Indonesia

Dibangun 100 Tahun Lalu, Masjid Jami Arruhama Kepulauan Meranti Miliki 9 Pintu Perlambang Wali Songo

Selain itu, posisi akses pintu masuk akan dialihkan. Yakni di posisi persis dipersimpangan tugu bambu runcing. Sehingga para pengunjung yang akan masuk ke ke Masjid Agung An Nur tidak lagi masuk lewat pintu yang ada di seberang pintu keluar RSUD Arifin Ahmad seperti yang terlihat saat ini.

Berdasarkan hasil penataan yang baru ini, ada beberapa lokasi pada kawasan mesjid tersebut yang perlu ditata dan diperbaiki.

Sebab, dari hasil inventarisasi ada beberapa permasalahan terkait dengan penataan ruang mesjid tersebut. 

Wisata berkuda juga ada di Masjid Agung An Nur saat Bulan Ramadan beberapa waktu lalu
Wisata berkuda juga ada di Masjid Agung An Nur saat Bulan Ramadan beberapa waktu lalu (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

"Beberapa zonasi kawasan Mesjid An Nur ini kurang tertata dengan baik atau terpisah secara tegas, sehingga fungsi ruang dan kawasan menjadi tumpang tindih," kata Gubernur Riau Syamsuar beberapa waktu lalu. 

Dia menyebut, area parkir mobil di depan pintu masuk utama bangunan masjid sangat mengganggu view ke arah masjid, dan salah satu bangunan pendidikan (TK) letaknya cukup jauh dengan bangunan pendidikan lain (SD, SMP dan SMA) di sekitar komplek Masjid An Nur . 

BACA JUGA :

Masjid Agung Islamic Centre Rohul, Tampilkan Panorama Negeri Seribu Suluk Dari Menara 99 M

Dibangun Tanpa Paku, Inilah Berbagai Keistimewaan Masjid Jami Air Tiris Kabupaten Kampar

"Jadi sekolah di sana harus kita tata, dan yayasan nanti harus ikut keinginan kita agar itu bisa jadi objek wisata religi termasuk kawasan pendidikan." katanya. 

Selain itu, masih banyak ruang kosong di lokasi itu yang bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas penunjang kawasan lainnya. 

"Kalau kita pernah ke Putra Jaya (Malaysia,red), itu bagus masuknya. Sebenarnya mesjid kita ini banyak juga dikunjungi dari orang-orang luar daerah. Makanya kita akan menata kawasan masjid Agung An Nur ini menjadi tempat wisata. Jadi kalau ada orang datang, kita tak malu lagi, sebab ada yang kita banggakan. Tapi ini baru landscape," kata dia. 

Promo Koper Super Case, Beli 1 Gratis 1 di Ace Hardware Mal Pekanbaru

Melihat Masjid Raya Pekanbaru, Warisan Sejarah Kesultanan Siak di Senapelan

Masjid Pink, Tempat Wisata di Bintan Riau yang Mirip Taj Mahal

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved