Dampak Virus Corona di Riau

Tiket dan Penginapan di Tanah Suci Sudah Dibayar, Pengusaha Travel Minta Kedubes Lakukan Lobi

Sebagian pengusaha travel sudah melakukan pemesanan dan membayar tiket pesawat juga penginapan para jamaah di tanah suci.

tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Jamaah umroh tiba di Bandara SSK II Pekanbaru belum lama ini, tampak juga Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Pekanbaru melakukan pemeriksaan melalui alat pendeteksi suhu tubuh. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Meski beberapa pengusaha travel legowo dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang membatasi kedatangan jamaah umroh  dari 20 negara, termasuk Indonesia.

Tetapi ada juga yang kecewa dan mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil sikap terkait kebijakan tersebut. 

Salah seorang pengusaha travel, Dede Firmansyah yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan Pemerintah DPP Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) mengatakan, hal tersebut sangat berdampak kepada pendapatan para pengusaha travel.

Kondisi itu dikatakannya bahkan membuat pihak travel merugi.

Pasalnya sebagian travel sudah melakukan pemesanan dan membayar tiket pesawat juga penginapan para jamaah di tanah suci.

BACA JUGA :

Tilang Elektronik di Pekanbaru Rencananya Akan Diberlakukan Maret

Turis Mancanegara Tak Lagi Bisa Diandalkan, Dispar Riau Targetkan Wisatawan Domestik

"Untuk program umroh Februari 2021 saja sudah dibeli tiket pesawatnya, sudah dibayar penginapan di Madinah dan juga di Mekah. Ini membuat pihak travel merugi. Setelah cukup lama terpuruk tanpa ada pendapatan, kini harus menanggung beban lagi," kata Dede baru-baru ini.

Ia berharap, Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Arab Saudi bisa melakukan lobi.

Apalagi menurutnya Indonesia masuk dalam 20 negara tersebut tidak memiliki alasan yang jelas.

Jika tolak ukurnya kasus Covid-19 masih ada, banyak lagi negara lain yang jumlah kasusnya lebih tinggi dibandingkan Indonesia, namun tidak masuk dalam 20 negara yang distop jamaah umrohya datang ke tanah suci.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved