Destinasi Wisata di Siak

Siak Kini Punya Rumah Produksi Serai Wangi, Dari 500 Kg Bisa Menghasilkan 5 Kg Ekstrak Daun Serai

Terkait bahan baku, untuk di Kabupaten Siak sudah dilakukan pengembangan, yakni dengan penanaman serainya.

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Sekdakab Siak Arfan Usman disaksikan anggota DPD RI Insiawati Ayus memanen daun serai wangi di Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak , Senin (21/2/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri soft launching Rumah Produksi Serai Wangi UMAR (Usaha Minyak Atsiri Riau), Binaan Yayasan Insan Riau Amanah (YIRA) dan SENDS.

Kegiatan ini juga dihadiri anggota DPD RI Intsiawati Ayus .  Kegiatan berlangsung di Kampung Buantan Besar , Kecamatan Siak, Senin (22/2/2021). 

Koordinator Rumah Produksi Serai Wangi UMAR,  Eka mengatakan kegiatan ini dirintis sejak tahun 2017.

"Alhamdulillah dengan usaha dan kerja keras akhirnya hari ini sampai tahap dimana ekstrak serai wangi dihasilkan,” jelas Eka. 

Terkait bahan baku, untuk di Kabupaten Siak sudah dilakukan pengembangan yakni dengan penanaman serainya.

Bibit serai diberikan kepada masyarakat yang mau menanam. Sekarang sudah tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Dayun, Kecamatan Siak, Kecamatan Mempura dan Kecamatan Sungai Apit . 

BACA JUGA :

Maret Masyarakat Umum Mulai Divaksin, Kadiskes Riau Ungkap Sanksi Bagi Warga yang Tak Mau Divaksin

Lift Jembatan TASL Dibenahi, Oktober 2021 Pengunjung Bisa Melihat Kota Siak dari Ketinggian 76 Meter

"Terkait proses penyulingan daun serai , kami membutuhkan sekitar 500 Kg daun serai, yang akan dipanaskan selama 4 jam dan nantinya akan menghasilkan maksimal 5Kg extrak daun serai", katanya. 

Extrak daun serai ini, nantinya bisa dijadikan bahan baku tambahan untuk membuat minyak urut, parfum, minyak telon dan masih banyak lagi. 

Anggota DPR RI Daerah pemilihan Riau Intsiawati Ayus  menjelaskan, telah setahun lamanya pemberdayaan potensi lokal di Siak.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved