Destinasi Wisata di Kampar

Tari Losung, Tarian Penyambut Pesta Panen Padi Raya Khas Melayu Kampar Bikin Pengunjung Mal Terpana

Para penari menikmati tarian dengan gerakan energik diiringi tabuhan musik tradisional dan lagu daerah dari Indonesia. 

Istimewa
Penampilan 25 penari Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar yang membawakan tarian Losung khas melayu Kampar di Mal SKA , Rabu (24/2/2021) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pengunjung pusat perbelanjaan Mal SKA Pekanbaru terpana menyaksikan penampilan 25 penari Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar yang membawakan tarian Losung khas melayu Kampar .

Tarian itu ditampilkan oleh para penari desa tersebut dalam event Pesona Pariwisata Pekansikawan dengan tema 2nd Cultures, Tourism & Business Fair 2021, Rabu (24/2/2021).

Para penari menikmati tarian dengan gerakan energik diiringi tabuhan musik tradisional dan lagu daerah dari Indonesia. 

Tepuk tangan pengunjung bergemuruh ketika para penari yang masih berusia belia menggigit tempat penumbuk padi atau alu sebagai bagian dari rangkaian ritual penampilan tari mereka.

Kepala Desa Ranah Sungkai Ady Yanto menghaturkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar yang telah mempercayakan dan memfasilitasi putra putri esa Ranah Sungkai yang berbakat di seni tari untuk unjuk aksi di pusat perbelanjaan itu.

“Semoga dengan penampilan Tari Losung oleh penari dari Desa Ranah Sungkai , menjadi ajang promosi kampung kami," harapnya.

Kita harap masyarakat Riau banyak yang tertarik dan datang belajar Tari Losung, dan tentunya dengan hadirnya tari losung di Mal SKA dapat dikenal ke seluruh Riau.

Ia menuturkan banyak penari berbakat di desanya, dengan ajang ini tentu menjadi ajang unjuk kebolehan.

Diungkapkan Ady Yanto, Tari Losung merupakan tari penyambut pesta panen raya ketika masyarakat panen padi.

Ia menuturkan Tari Losung ini memiliki keunikan, para penari menggunakan piring dan berguling di atas piring serta atraksi memakan alu dan juga beberapa gerakan atraktif yang ditampilkan.

Pengurus Sanggar Tari Desa Ranah Sungkai , Aprizal berharap pemerintah dan perusahaan di Riau dapat mensupport seni budaya melayu agar para pelaku seni budaya di Riau semangat dalam melestarikan budaya.

Ikuti kami di
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved